Paska BCPS tidak dilanjutkan ke fontan apakah tidak apa-apa?

A8 Info Penanya: A8, Pria, 2019 Tahun
anak saya ada kelainan jantung,dan sudah oprasi BCPS.lalu skarang sdang dlm proses utk fontan.untuk mencapai fisiologi jantung dengan ventrikel tunggal .prtanyaan saya seandainya tidak di teruskan ke fontan hanya bcps saja apa kh tidak apa2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tindakan BCPS sebetulnya adalah tindakan peralihan sebelum operasi terakhir yaitu Fontan. Pada BCPS dibuat shunting (saluran) darah rendah oksigen dari seluruh tubuh yang melewati pembuluh darah vena cava superior langsung dialirkan ke arteri pulmonal. Sehingga belum sempat melalui paru-paru. Dengan tujuan mengurangi beban jantung kiri. Namun karena ada darah yang belum melewati paru-paru maka anak anda belum tampak merah/pink.

Tindakan Fontan sendiri dilakukan beberapa tahun setelah operasi yang pertama, sehingga masih bisa diobservasi. Namun karena aliran jantungnya masih belum diperbaiki sehingga kebutuhan oksigen tubuh juga belum terpenuhi dengan baik sehingga kemungkinan akan ada gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. 

Operasi Fontan dengan tujuan darah rendah oksigen dialirkan ke paru-paru dan dipompa oleh ventrikel kanan sebelumnya dengan BCPS masih dilalui ventrikel kiri yang ukurannya lebih kecil dari normal. Dengan demikian darah yang berisi oksigen bisa dipompa ke seluruh tubuh. Sehingga anak Anda tampak merah, walaupun jantung kirinya abnormal. Operasi Fontan itu sendiri sudah sering dilakukan di pusat jantung nasional, kebetulan saya anggota tim bedah jantung. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trisomi 13 dapat menyebabkan bayi memiliki berbagai masalah kesehatan dan kecacatan intelektual

Mengenal Trisomi 13, Kelainan Genetik yang Mengancam Nyawa Bayi

Trisomi 13 atau sindrom Patau merupakan kelainan genetik langka yang dapat menyebabkan bayi memiliki berbagai masalah kesehatan. Bahkan bayi dengan kondisi ini jarang dapat bertahan hidup untuk waktu yang lama.