Pasca tindakan ASO dan ingin ke pegunungan dieng

DB Info Penanya: DB, Wanita, 2019 Tahun
Dok ,bln Januari saya melakukan tindakan ASO Karena jantung bocor,klo bln Agustus bolehkah saya ke pengunungan dieng, berbahaya pa tidak dlm kondisi udara di sana dingin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang DB

Pada pasien pasca penutupan defek jantung bocor dengan ASO biasanya dapat mengalami perbaikan hemodinamik dan fungsi jantung. Pasca pemasangan ASO kualitas hidup dapat membaik. Namun pasien harus mendapatkan evaluasi dan pemantauan fungsi jantung. 

Pasca pemasangan koreksi defek dengan ASO dalam beberapa laporan telah dilaporkan kejadian aritimia jantung atrial fibrilasi, bradikardi, efusi perikard, erosi dan timbulnya gagal jantung. 

Pada aktifitas fisik berlebih yang menimbulkan kelelahan seperti naik gunung dan disertai penurunan oksigen di gunung dan cuaca dingin dapat memicu curah jantung berlebih, pada beberapa pasien dengan riwayat masalah jantung hal tersebut dapat memicu payah jantung/ gagal jantung hingga aritmia bahkan henti jantung. sehingga aktivitas yang berlebih seperti ini tidak terlalu disarankan.

Saya sarankan anda melakukan evaluasi dan kontrol dahulu dengan dokter Spesialis jantung mengenai fungsi jantung pasca penutupan defek dan meminta saran apakah boleh melakukan aktivitas naik gunung,

Salam sehat

dr.Zulham 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa contoh kebiasaan buruk yang membuat jantung rusak, seperti duduk sepanjang hari

Contoh Kebiasaan Buruk yang Membuat Jantung Rusak

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Indonesia. Ada beberapa contoh kebiasaan buruk yang membuat jantung rusak, misalnya duduk sepanjang hari, tidak menjaga kebersihan mulut, kurang tidur, dsb.