19 May 2021, 20:32Kandungan

Mengapa setelah berhenti KB siklus haid tidak lancar?

UK
Info Penanya: UK0
Malam dok,saya sudh berhenti KB slama 5bln terakhir ini,dan baru dtg bulan saat ini,knp yaa dok mens saya tdk banyak kleuar,apa itu salah satu efek kb 3 bln??
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, UTerima kasih atas pertanyaan AndaKB adalah suatu program pemerintah untuk membatasi angka kelahiran, sehingga perlu digunakan alat kontrasepsi untuk mendukung program tersebut. Suntik KB dan pil KB merupakan contoh alat kontrasepsi bersifat hormonal yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena merupakan alat kontrasepsi hormonal maka baik selama penggunaannya atau setelah berhenti menggunakannya hormon-hormon tubuh perlu melakukan adaptasi. Sehingga, bisa berpengaruh terhadap siklus haid.Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila jenis KB yang Anda gunakan adalah suntik KB, secara rata-rata siklus haid wanita akan kembali lancar setelah berhenti menggunakan suntik KB 1 bulan selama kurang lebih 4 -12 bulan. Sedangkan, setelah berhenti suntik KB 3 bulan siklus haid wanita akan kembali lancar sektar 6 - 24 bulan. Tentunya kondisi ini berbeda-beda masing-masing orang.

Selain pengaruh dari penyesuaian hormon tubuh terkait penggunaan KB, siklus haid yang tidak lancar juga bisa dipengaruhi oleh:

  • Berat badan yang tidak ideal
  • Stres, cemas
  • PCOS
  • Panyakit pada organ reproduksi wanita
  • Kelelahan fisik
Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Tindakan sementara yang bisa dilakukan adalah dengan atasi stres, hindari kelelahan, berolahraga ringan secara rutin, konsumsi makanan yang bergizi, sayur dan buah-buahan serta minum air putih cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil