Nyeri ulu hari dan nyeri dada kiri pasca penyedotan cairan di paru-paru

AH Info Penanya: AH, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau bertanya, sebelumnya saya sudah melakukan penyedotan cairan di paru paru saya karena efusi pleura. Tapi sudah hampir 6 bulan badan saya malah merasa tidak nyaman. Perut saya sering sakit apalagi yang dibagikan kanan, ulu hati saya juga sakit dan kalau tidur miring ke kiri dada saya terasa sakit ketika Manarik nafas. Itu kenapa ya dok mohon bantuannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AH.

Penyedotan cairan di paru-paru atau yang dikenal dengan istilah torakosistensis dalam dunia medis merupakan prosedur pengambilan cairan di dalam ruangan pleura atau pembungkus paru-paru. Secara normal pleura terisi oleh sedikit cairan namun apabila terdapat kondisi medis tertentu seperti efusi pleura maka cairan menjadi berlebih dan perlu untuk diambil. Efusi pleura sendiri adalah keadaan akumulasi cairan pada rongga pleura yang umumnya disebabkan oleh pernyakit infeksi paru, tumor paru, pengakit paru kronis, penyakit jantung kongestif dan lain lainnya.

Adapun nyeri ulu hati dan sakit perut yang Anda rasakan pasca prosedur torakosintesis dapat terjadi karena berbagai faktor. Nyeri ulu hati dapat berhubungan maupun tidak berhubungan dengan tindakan tersebut atau dengan penyakit yang mendasari efusi pleura sebelumnya. Pasalnya nyeri ulu hati dapat terjadi juga karena gangguan asam lambung yang meningkat dan naik hingga kerongkongan dan menimbulkan nyeri dada serta sesak. Namun untuk keadaan nyeri dada saat berbaring ke sebelah kiri mungkin saja berhubungan dengan penyakit yang direrita atau proses pemulihan paru pasca torakosintesis yang belum terjadi secara sempurna.

Ada baiknya untuk berkonsultasi kembali pada dokter Spesialis Paru yang menangani Anda, terlebih jika keluhan sesak bertambah parah. Untuk sementara hindari dulu berbaring ke sebelah kiri sebisa mungkin dan perbaiki pola makan untuk mencegah terjadinya gangguan asam lambung dengan tips pada artikel berikut.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker lambung cenderung baru dirasakan pasien apabila kanker sudah masuk stadium lanjut

Cermati Gejala Kanker Lambung yang Biasanya Baru Muncul di Stadium Lanjut

Gejala kanker lambung dapat berupa penurunan berat badan yang mendadak, nafsu makan turun, merasa kenyang lebih cepat, dan darah di feses. Pasien juga mungkin menunjukkan ciri kanker lambung lain seperti muntah darah dan tubuh lelah luar biasa.