Pasca pelepasan pen, apakah dapat mulai kegiatan fitness/gym?

YG Info Penanya: YG, Pria, 23 Tahun
Permisi dok ,mau tanya 3 Minggu lalu saya post operasi lepas pen di tulang humerus , rencana saya mau mulai kegiatan gym/fitnes, kira kira berapa lama saya bisa mulai fitnes/Gym lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi YG.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Pada kasus patah tulang, beberapa kasus diperlukan tindakan penyambungan tulang dengan cara operasi yaitu dengan memasang plate atau screw atau dikenal dengan pen.

Pen tersebut terpasang di dalam tulang yang patah dalam waktu tertentu, tergantung dari tulang lokasi patahan, berat-ringannya patah tulang, perawatan selama masa penyembuhan, serta kondisi tubuh secara umum. Tujuannya untuk imobilisasi atau mencegah tulang yang patah mengalami kondisi lebih parah sehingga merusak struktur atau jaringan di sekitarnya, dan agar pernyembuhan tulang yang patah dapat terjadi.

Setelah tulang tersambung, pen yang dipasang boleh dilepas. Pelepasan pen ini perlu pemeriksaan terlebih dahulu apakah tulang sudah menyambung dengan sempurna, adakah kelainan penyambungan tulang, rasa nyeri, dsb.

Setelah dilakukan operasi pelepasan pen oleh dokter, biasanya dibutuhkan beberapa waktu untuk dapat beraktivitas seperti semula. Waktu yang dibutuhkan ini bervariasi, bisa dalam hitungan bulan hingga tahun tergantung dari kondisi tulang yang tersambung, asupan nutrisi, aktivitas selama masa penyembuhan serta ada tidaknya penyakit lain. 

Hal ini dikarenakan :

  • Pada awal operasi pelepasan pen, masih terdapat lubang-lubang kecil pasca pelepasan pen, sehingga diharapkan Anda tidak melakukan aktivitas yang berat dulu semasa itu.
  • Beberapa hari atau minggu setelahnya perlu dilihat apakah terjadi komplikasi atau tidak seperti peradangan, infeksi, dsb.
  • Perlu menjalani fisioterapi agar beban yang diberikan pada tulang bertahap dan tidak menyebabkan patahan yang lebih parah.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi terutama kalsium untuk kekuatan tulang yang banyak diperoleh melalui susu. 
  • Hindari melakukan aktivitas berat dan terburu-buru, justru hal ini dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang.
  • Rutin kontrol sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh dokter ortopedi Anda.

Apabila selama proses penyembuhan mengalami suatu permasalahan atau keluhan yang memberat, silahkan periksakan kondisi Anda pada dokter yang menangani sebelumnya. 

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala patah tulang biasanya berupa memar di atas tulang, hilangnya fungsi, dan nyeri di area cedera

Patah Tulang: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Patah tulang memiliki berbagai jenis. Pengobatan patah tulang pun dilakukan sesuai dengan jenisnya. Biasanya, risiko patah tulang atau fraktur dipengaruhi oleh usia, asupan gizi, dan aktivitas harian.