20 Jun 2020, 01:49Perut

Bagaimana perawatan pasca operasi usus buntu?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya, reaksi nyeri pasca oprasi usus buntu biasa nya berapa lama?. Wajar atau tidak sakit terus menerus pasca oprasi pada perut bagian bawah kanan, sehingga ketergantungan pada obat nyeri yang di berikan dokter, tindakan apa yang harus di lakukan selain minum obat nyeri ?, atau nanti nya stelah bekas sayatan pasca oprasi kering tidak akan nyeri lagi?, sy minta tolong jawaban nya ya dok
5467 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang SU,Terimakasiah atas pertanyaan Anda di SehatQ.Apendisitis atau radang usus buntu merupakan keadaan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi yang membentuk nanah di usus buntu (apendiks). Jika tidak segera di tangani penumpukan nanah dapat menyebar ke organ lain yang dapat menyebabkan komplikasi berbahaya seperti peritonitis. Penanganan apendisitis pada umumnya dilakukan operasi.

Setelah operasi usus buntu agar membantu proses penyembuhan lebih cepat, Anda bisa melakukan :

  • Istirahat yang cukup.
  • Banyak minum air putih minimal 2-3 liter/hari, untuk mencegah sembelit pasca operasi usus buntu.
  • Hindari aktivitas berat, 10 hingga 14 hari setelah operasi usus buntu.
  • Hindari menggunaan pakaian yang memiliki permukaan kasar dan ketat.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah merawat luka operasi.
  • Jaga kebersihan, terutama di area sekitar bekas luka operasi usus buntu. Pastikan luka jahitan selalu dalam keadaan kering.
  • Luka sayatan setelah operasi dapat menimbulkan rasa nyeri, terutama setelah berdiri dalam waktu yang lama. Biasanya dokter akan memberikan obat pengurang rasa sakit yang dikonsumsi rutin untuk meringankan rasa nyeri yang muncul pada luka bekas operasi. Dokter juga mungkin akan memberikan antibiotik agar luka operasi tidak infeksi.
jika muncul keluhan demam, kemerahan, bengkak, perdarahan, nyeri yang terus menerus, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
radang ususapendisitisusus buntu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil