28 Jun 2021, 19:02Jantung

Pasca operasi apakah bisa berpergian jarak jauh?

RS
Info Penanya: RS0
Selamat malam dok. Saya ingin bertanya. Saya baru saja melakukan operasi bedah thorax. Dan didalam tubuh saya tertanam kawat yg dii pasang seumur hidup (permanen). Diagnosa saya (ASD Closure) . Nah apakah saya bisa bepergian jauh menghunakan pesawat seperti dahulu, atau sudah tidak bisa ? Karena ada kawat yg tertanam didalam tubuh saya. Terimakasih dok.
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang RS,ASD adalah istilah medis dari atrial septal defect yang menunjukkan bahwa sekat dinding jantung atrium Anda memiliki lubang sehingga tidak tertutup dengan sempurna akibat cacat bawaan sejak lahir. Kebocoran ini akan membuat darah kotor bercampur dengan darah bersih yang tentu saja akan menimbulkan masalah dan akibat kebocoran ini akan membuat tekanan pada paru-paru menjadi meningkat.

Beberapa ciri ASD:

  • Sesak napas.
  • Mudah lelah.
  • Badan sering bengkak terutama di kaki.
  • Pada pemeriksaan fisik akan terdengar bising jantung yang disebut dengan murmur.
  • Tidak napsu makan.
  • Pertumbuhan terganggu.
Perihal pertanyaan Anda yang sudah melakukan operasi bedah toraks untuk memperbaiki ASD tersebut, maka Anda tetap bisa berpergian jauh selama kondisi Anda baik. Untuk memastikan kesehatan Anda, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter jantung Anda dan meminta surat rekomendasi perjalanan yang menyatakan penyakit Anda tidak bermasalah dan bisa melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang. Jaga kesehatan Anda meski sudah melakukan operasi jantung, jangan merokok, rutin olahraga dan makan makanan bergizi serta batasi gorengan serta makanan berlemak.Salam sehat,dr. Vina
operasisesak napascacat jantung bawaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil