29 Jun 2020, 23:42Kandungan

Pasca operasi laparatomi hamil diluar kandungan

IU
Info Penanya: IU0
Dok. Sy lakukan operasi laparatomi karna di ketahui sy hamil diluar kandungan tgl 10 juni kemarin.. skrang sdh 19hariLalu pertnyaan sy,kapan sy bisa KB dok..??Karna saya trauma,takut hamil lagi dok.., Trimkasih ?
11008 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam IU,Kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungan adalah kondisi kehamilan dimana sel telur yang dibuahi tidak menempel di dalam rahim tetapi bertumbuh di luar rahim. Gejalanya sendiri bisa beragam seperti:
  • Nyeri perut bawah
  • Adanya perdarahan dari vagina
  • Rasa nyeri ketikan buang air 
  • Gejala lainnya
Jika kehamilan ektopik terus berkembang dan tidak ditangani bisa sampai menimbulkan nyeri hebat, pingsan, dan syok apabila terjadi pecahnya tuba dimana kondisi ini perlu segera ditangani karena merupakan kegawatdaruratan.Apabila sudah dilakukan operasi untuk mengatasi kehamilan ektopik dapat segera dilakukan KB. Untuk metode kontrasepsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pasca operasi sendiri sebaiknya bisa menunggu beberapa bulan untuk pemulihan baik fisik dan mental sebelum kembali hamil.Jika dalam waktu dekat sudah ingin kembali hamil maka bisa gunakan pil KB atau kondom tetapi jika akan menunda beberapa waktu bisa gunakan metode KB lain. Untuk itu kontrol kembali pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbkontrasepsikehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil