Bagaiman operasi kista itu?

BH Info Penanya: BH
Selamat sore.Saya bella usia 24 tahun telah dioperasi kista endometriosis kiri, dan dokter bilang dikanan ada kista juga tetapi masih bagus. Yg saya ingin tanyakan 1. Apakah pengangakatan kista sebelah kiri juga termasuk pengangkatan indung telur sebelah kiri? 2. Jika iya apakah saya bisa hamil dengan 1 indung telur? 3. Dan berapa persen jangka endometriosis dtg kembali?Mohon dapat dibantu jawabannya.Teriman kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kista ovarium adalah kondisi terbentuknya kantung yang berisi cairan di indung telur. Penyebab dari munculnya kista ovarium yaitu kista folikel dan kista korpus luteum. Gejala dari kista ovarium itu sendiri yaitu nyeri di perut akibat kista yang pecah, perdarahan kista, nyeri di bagian bawah punggung, kesulitan BAK, dan gangguan pencernaan. 

Terapi pada kista ovarium yaitu laparoskopi (bedah kecil) dan laparotomi (bedah besar). Pada proses operasi ini, yang diangkat adalah kistanya. Indung telur Anda tidak ikut diangkat. Jadi kemungkinan Anda untuk hamil masih besar. 

Kista memang bisa berulang. Tergantung dari pola hidup Anda. Untuk itu, alangkah baiknya Anda mengubah pola hidup Anda dengan cara makan makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buahan, hindari junkfood, kurangi makanan yang berminyak dan berlemak, konsumsi banyak air putih, dan olahraga yang rutin. Lalu, rutin melakukan kontrol ke dokter spesialis kandungan untuk melihat perkembangan kista Anda.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker ovarium stadium awal sulit dideteksi karena biasanya tidak menimbulkan gejala

Benarkah Kanker Ovarium Sulit Dikenali pada Stadium Awal?

Penyebab kanker ovarium sulit dideteksi dan sering menyebar ke organ lain adalah karena pada stadium awal, gejala yang ditimbulkan sangat minim atau jarang.