30 Dec 2020, 22:08Mata

Mengapa mata kembali kabur setelah operasi katarak ?

QF
Info Penanya: QF0
dok saya mau tanya,,saya pasca operasi katarak seminggu pertama mata jelas banget tapi setelah seminggu ko rada buram buram seperti waktu katarak ya tapi ga silo..mata terasa suka ada ganjel kalo kelamaan duduk gitu nanti ilang..kenapa ya dok...buram ini bisa jelas lagi ga dok ..saya masi menggunakan obat tetes dari rs.
139 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Q.Organ mata merupakan organ yang penting bukan hanya untuk melihat, namun juga untuk keseimbangan. Gangguan pada mata baik penglihatan yang kabur akibat titik fokus mata yang tidak pas pada rabun jauh dan rabun dekat, maupun kekeruhan pada lensa yang disebabkan oleh katarak, iritasi pada mata akibat bakteri maupun virus, semuanya menimbulkan rasa tidak nyaman di mata, dan menyebabkan seseorang sulit beraktivitas.

Apa yang menyebabkan katarak ?

Penyebab katarak adalah kekeruhan pada lensa yang dapat disebabkan oleh trauma sehingga lensa keruh dengan darah, ataupun akibat proses penuaan dimana terjadi perubahan pada lensa mata yang menebal. Lensa mata yang menebal dan kaku ini menyebabkan gumpalan-gumpalan protein yang menghalangi cahaya masuk ke retina mata, sehingga pandangan menjadi kabur dan tidak fokus. 

Bagaimana cara mengatasi katarak ?

Cara mengatasi katarak adalah dengan mengganti lensa mata yang telah rusak atau keruh akibat trauma maupun penuaan dengan lensa mata yang baru melalui prosedur operasi. Operasi katarak ini dilakukan dengan bius lokal, sehingga penderitanya sadar. Operasi katarak juga tidak membutuhkan waktu yang lama, serta tidak memerlukan rawat inap, sehingga pasien boleh pulang setelah dioperasi jika keadaan sudah stabil. Dua jenis operasi katarak adalah  metode small incision cataract surgery yang disebut dengan phacoemulsification dan extracapsular surgery.

Mengapa mata kembali kabur setelah operasi katarak ?

Keluhan mata kembali kabur setelah operasi katarak seperti yang anda alami dapat disebabkan oleh kekeruhan yang terjadi di belakang lensa buatan. Kekeruhan pada belakang lensa  buatan ini disebut dengan posterior capsular opacity (PCO). pasien dengan PCO tidak memerlukan operasai katarak ulang, tetapi dokter spesialis mata akan melkaukan tindakan laser untuk mengatasi kekeruhan lensa tersebut. Hal ini diharapkan lensa mata pasien menjadi jernih dan dapat melihat normal kembali. Selain karean PCO, kekeruhan pada lensa ini juga dapat disebakan oleh penyakit penyerta pasien seperti gula darah yang tidak terkontrol dengan baik, darah tinggi yang tida teratur minum obat, serta tekanan bola mata yang tinggi karena glaukoma. Penyakit-penyakit ini tidak hanya menyebabkan kekeruhan pada lensa mata melainkan dapat merusak saraf mata, sehingga pandangan akan tetap kabur. Untuk itu, segera cari tahu ke dokter spesialis mata, penyebab mata Anda yang kembali kabur setelah operasi katarak. Kontrol gula darah, tekanan darah, dan atasi glaukoma untuk mencegah komplikasi yang dapat terjadi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
katarakretinopati diabetikkatarak traumatik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil