15 Nov 2020, 12:07Pernapasan

Awalnya infeksi paru, lalu divonis COVID

WB
Info Penanya: WB, Pria, 32 Tahun
siang Dok , nafas teras berat dan tersengkal2 5 stalh operasi cesar, berhubung dng pandemic sebelumnya sudah menjalani test berbagai macam .. hasill bagus .. dan indikasi sesak menuju ke inveksi paru2 . tetapi perawatan malah di rujuk RS lain dan di nytakan COVID .. pdhl hasil lab menunjukan inceksi paru2 ada bercak .. karena sesak nafasnya setelah operasi . apa benar setiap ornh yg sakit paru paru di vonis seperti itu.. pdhl jelas Rujuan dr RS yg menangani OP.. hasilnya negatif semua .
368 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, WBU.COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah sebuah penyakit pernapasan yang sedang menjadi pandemi di masa kini. Gejala COVID-19 berbeda-beda pada setiap orang. Semakin kuat kekebalan tubuh seseorang, semakin ringan gejala yang diderita. Namun, secara umum, seseorang akan mengalami demam, batuk kering, kehilangan penciuman, atau sesak napas.Selain COVID-19, ada berbagai penyakit paru lain yang sering terjadi, misalnya:
  • pneumonia
  • tuberkulosis
  • efusi pleura
  • bronkhitis
  • bronkiektasis
Mengenai kondisi Anda, apabila pada awalnya Anda dinyatakan mengalami infeksi paru-paru, maka mungkin memang itu penyebab pada saat itu. Tapi, perlu diingat bahwa semua penyakit dapat mengalami penyembuhan, perburukan, ataupun komplikasi seiring dengan perjalanannya. Jadi, mungkin saja pada awalnya Anda mengalami infeksi paru-paru, namun seiring waktu ketika Anda melakukan hal-hal lainnya dan berkontak dengan orang atau benda yang terpapar Coronavirus, Anda menjadi terinfeksi dan baru terdeteksi pada saat dinyatakan tersebut.Apabila Anda merasa tidak percaya, Anda dapat mencoba menanyakan penjelasan lebih lanjut dari dokter spesialis paru yang merawat. Pasalnya, kesimpulan tersebut tidak dibuat dengan asal-asalan, melainkan pasti ada pemeriksaan fisik seperti kadar saturasi oksigen dan pemeriksaan penunjang (seperti rontgen, CT scan, laboratorium) yang mengacu ke arah diagnosis tersebut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit paru-parupneumoniacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil