27 Nov 2020, 10:52Penyakit Lainnya

Mengapa fungsi tubuh menurun pasca koma dan operasi kepala?

FF
Info Penanya: FF, Pria0
Dok mau sharing saya kan bulan mei kemarin kecelakaan dijatuhi dahan pas dikepala terus koma 15 hari setelah itu juni hampir akhr baru mulai kembali kesadaran saya tetapi bahu/ tangan kiri buat ngangkat tangan ngelurusin itu kesusahan, terus bicara kadang sedikit terbata, terus keseimbangan tubuh juga terganggu terus sekarang malah gak bisa gerak cepat atau lari....ini sudah 7 bulan dok itu kenapa dan solusinya gimana?
979 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FFTerima kasih atas pertanyaannya.Adanya trauma pada kepala dapat menyebabkan terjadinya cedera kepala. Cedera kepala berat dapat terjadi ketika adanya benturan yang cukup keras sehingga menyebabkan salah satunya pembengkakan di otak.  Perlu tindakan operasi kepala untuk menangani adanya pembengkakan di otak.  Cedera kepala yang berat dapat menimbulkan penurunan kesadaran atau koma.Koma merupakan kondisi dimana penderita tidak merespon atau merasakan apapun baik rangsangan maupun rasa sakit.  Adanya penurunan kesadaran menjadi penanda  kerusakan otak yang cukup luas sehingga akan menganggu fungsi tubuh secara keselurahan.  

Efek dari kerusakan otak pada cedera kepala berat :

  • Kejang.
  • Rasa kebas pada wajah.
  • Penciuman, pengecap dan penglihatan terganggu.
  • Kesulitan menelan.
  • Gangguan pada keseimbangan tubuh.
  • Kelemahan anggota gerak.
  • Gangguan pendengaran seperti telinga berdenging.
  • Kesulitan berbicara, memahami maksud orang lain.
  • Gangguan psikologis seperti mudah marah, sulit tidur, depresi, serta kecemasan berlebih.
Terkait yang anda tanyakan, jika anda mengalami gangguan pada fungsi tubuh perlu dilakukan kontrol pada dokter bedah saraf anda guna dilakukan evaluasi pasca operasi dan koma. Jika diperlukan, akan dilakukan fisioterapi, psikoterapi dan terapi okupasi yang diharapkan membantu anda untuk pemulihan fungsi organ yang menurun.  Pemulihan pasca cedera kepala memang membutuhkan kesabaran untuk itu dukungan dari keluarga juga dapat membantu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
operasikomacedera kepala beratcedera kepalapsikoterapifungsi organ
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil