17 Mar 2021, 22:02Kandungan

Apakah Ibu bisa hamil kembali setelah masa nifas berakhir ?

NP
Info Penanya: NP0
Saya nifas pasca iufd hanya sampai dua minggu, lalu sudah bersih dan tidak keluar darah atau lendir sama sekali. Dua hari setelah saya pastikan benar-benar bersih, saya berhubungan badan dgn suami tanpa alat kontrasepsi dan keluar di dalam. Apa bisa hamil ya dok? Soalnya Sampai saat ini saya belum haid sama sekali.
214 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Masa nifas adalah suatu masa dimana tubuh dan rahim Ibu memerlukan waktu untuk pemulihan dan berangsur kembali ke bentuk normal. Masa nifas dapat berlangsung sekitar 40 hari dimana tubuh akan mengeluarkan darah yang mengalami perubahan warna, jumlah dari hari ke hari hingga akhirnya berhenti.

Apakah Ibu bisa hamil kembali setelah masa nifas berakhir ?

Masa nifas dapat terjadi setelah Ibu melahirkan secara normal maupun sesar. Selain itu masa nifas dapat berlangsung setelah Ibu mengalami kuret karena keguguran atau kematian janin di dalam rahim (IUFD). Jika masa nifas selesai ditandai dengan perdarahan yang berhenti, Ibu dan pasangan melakukan hubungan seksual, dimana ovarium menghasilkan sel telur yang matang dan siap dibuahi maka kehamilan bisa saja terjadi.Keluhan belum haid yang Ibu alami selain karena hormon esterogen dan progesteron yang belum seimbang pasca kematian janin di dalam rahim, juga dapat merupakan tanda sebuah kehamilan, terutama jika diikuti rasa mual berlebih saat pagi hari. Ibu dapat melakukan test pack segera atau lakukan USG secara transvaginal di dokter kandungan.Jaga pola hidup sehat dan rutin kontrol kesehatan baik fisik serta kandungan agar tubuh selalu fit, optimal, dan siap untuk menjalani kehamilan kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan kandungansiklus haidmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil