Pasca melahirkan tidak haid

I Info Penanya: I, Wanita
Dok saya mau tanya, 6 bulan yg lalu saya melahirkan SC dan sampe skrg saya tidak haid dan belum memakai kb apapun, pas d test pack juga negatif.. Apakah itu normal ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang I,

Paska melahirkan, tubuh akan mulai melakukan adaptasi dari segi bentuk badan dan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Namun bila Anda sedang menyusui maka tentunya ada hormon prolaktin yang menyebabkan Anda tidak haid, sehingga bisa digunakan sebagai KB alami untuk mencegah kehamilan.

Semakin sering frekuensi menyusui maka hormon prolaktin akan semakin banyak dan wajar bila tidak haid. Bila frekuensi menyusui berkurang, maka perlahan-lahan  bisa muncul haid kembali. Jadi Anda tidak perlu cemas selama masih menyusui dan tidak haid.

Anda perlu cemas bila Anda tidak haid selama lebih dari 3 bulan setelah melahirkan sedangkan Anda juga tidak sedang menyusui. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila situasi Anda seperti ini.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.