Flek darah setelah berhubungan, apa ada hubungannya dengan kuret?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 23 Tahun
Dok saya habis kuret 3 Maret kemarin. Dan 9 April saya haid, saya pikir tgl 15 sudah selesai haid karena sudah tidak keluar. Tgl 16 saya berhubungan dengan suami saya, siangnya saya keluar flek berwarna merah. Itu kenapa ya dok? Apa masih haid kah? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AN.

Kuretase adalah tindakan mengeluarkan sisa jaringan dalam rahim yang jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan. Sisa jaringan dapat berupa sisa embrio pasca keguguran, sisa plasenta pasca melahirkan, kista, atau miom. Setelah proses kuretase, biasanya seorang wanita akan mengalami perdarahan rata-rata paling lama dua minggu.

Terkait kasus Anda, apabila Anda melakukan kuretase pada tanggal 3 Maret, seharusnya maksimal tanggal 17 Maret darah sudah berhenti. Kemudian, setelah kuretase, biasanya akan ada fase tidak keluar darah dari vagina, sebelum seorang wanita usia subur kembali mendapatkan siklus haid normalnya. Setelah fase tersebut, haid akan kembali datang setiap bulannya seperti saat sebelum kuretase.

Berdasarkan yang Anda ceritakan, tanggal 9-15 April Anda mengalami haid, kemudian tanggal 16 April Anda mengalami flek setelah berhubungan. Flek tersebut kemungkinan besar adalah darah sisa haid (spotting) dan kemungkinan besar tidak berhubungan dengan proses kuretase yang Anda jalani bulan Maret, ya.

Tetapi, apabila flek ini keluar terus-menerus lebih dari dua minggu terhitung dari tanggal 9, atau menjadi deras, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi rahim Anda, kemudian memberikan penanganan jika flek tersebut abnormal.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.