Kenapa perdarahan terus?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 31 Tahun
Selamat siang dokter. Tgl 27 April saya keguguran, dengan pendarahan selama 10 hari, 3 hari darah keluar deras, selebihnya hanya flek2 saja. Kemudian tgl 23 Mei saya haid dan sampai hari ini (tepat 2 minggu) belum berhenti juga, masih keluar darah kadang merah dan kadang merah kehitaman. Apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keguguran atau dalam istilah medis disebut dengan abortus adalah kematian janin dengan usia kurang dari 20 minggu di dalam kandungan. Abortus terdiri dari 4 jenis yaitu, abortus imminens, abortus insipien, abortus inkomplit dan juga abortus komplit.

Haid atau menstruasi normal terjadi dialami oleh wanita adalah 3-7 hari dengan rata-rata wanita mengalami haid selama 3-5 hari. Siklus haid dikatakan normal terjadi 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Selain karena hormonal, adanya masalah pada organ reproduksi wanita, obesitas, stres, kelelahan dan beberapa kondisi medis lainnya dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan juga USG. Agar dketahui, apakah perlu dilakukan tindakan kuretase atau hanya perlu diberikan obat sebagai terapinya.

Di samping itu, tindakan yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Konsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar
  • Hindari stres dan kelelahan
  • Jaga kebersihan diri.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perimenopause dialami oleh wanita usia 30-40 tahun

Mengenal Gejala Perimenopause Sebelum Memasuki Masa Menopause

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang umumnya dialami oleh wanita usia 30-40 tahun. Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu gejalanya.