Pasca keguguran belum haid

A Info Penanya: A, Wanita, 24 Tahun
Halo dok, saya mengalami keguguran pada tanggal 12 agustus kemarin dengan umur kandungan 4 - 5 minggu. biasanya brp minggu setelah keguguran ya saya haid kembali, soalnya skrg sudah tanggal 16 september. terakhir saya berhubungan lg dgn suami pada hari sabtu dan terakhir dipakai test pack 2 hari yg lalu hasilnya msh negatif. apa hormon pada tubuh saya blm beradaptasi karena keguguran kemarin ya makanya telat haid lg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Apabila mengalami keguguran, perlu dipastikan apakah sudah bersih dari sisa sel kehamilan dengan memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG. Apabila belum haid ataupun tidak ada perdarahan nifas perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya.

Jika testpack sudah negatif atau masih negatif berarti hormon kehamilan sudah sepenuhnya hilang. Penyebab belum haid atau terlambat haid bisa karena bukan karena kehamilan baru, tapi bisa karena hormonal, masalah berat badan, stres, cemas, penggunaan KB ataupun bisa karena gangguan organ reproduksi lainnya.

Beberapa upaya bisa dilakukan untuk membantu melancarkan haid seperti:

  • Menjaga pola istirahat, hindari kurang tidur
  • Kelola stres dengan baik
  • Jaga berat badan ideal
  • Olahraga secara rutin misalnya yoga
  • Hindari aktivitas berat
  • Mengonsumsi bahan alami seperti nanas, madu, jahe, cuka apel, kunyit atau kayu manis untuk melancarkan haid

Jika sampai bulan depan belum kembali haid bisa coba diperiksakan, karena jika lebih dari 3 bulan tidak haid tetapi hasil testpack negatif bisa merupakan gangguan siklus menstruasi. Nantinya perlu dipastikan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan apa yang jadi penyebab masalah siklus menstruasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.