Apakah penyebab keluarnya darah saat berhubungan seksual?

SU Info Penanya: SU
slamat malam dok..nama saya ibu nadia umur 38thn.dok saya sdh 2 minggu haid dan sudah bersih dan ntah kenapa pasca lepas haid 2minggu itu smlm saya berhubungan dgn suami dan mengeluarkan darah dok dan bukan flek tapi keluar darah dan pagi nya saya coba memasukan jari tuk memcuci bersih darah itu masih banyak di dlm v saya dok...apakah itu dok krn saya baru kali ini ngalaminya...mohon penjelasanya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Secara normal, seorang wanita mempunyai siklus haid 21 - 35 hari, di mana wanita mengalami lama haid sekitar 3-7 hari. Selain karena adanya sisa perdarahan menstruasi sebelumnya, terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan adanya perdarahan saat melakukan hubungan seksual.

Adapun beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah:

  • Adanya luka atau trauma saat melakukan hubungan seksual
  • Adanya polip pada liang vagina
  • Adanya infeksi menular seksual
  • Adanya infeksi pada vagina (vaginitis)
  • Adanya infeksi pada serviks yang menyebabkan peradangan
  • Atau adanya kondisi medis yang lain pada organ reproduksi wanita

Terkait degan keluhan yang Anda rasakan, salah satu dari penyebabnya bisa dikarenakan oleh salah satu kondisi yang sudah disebutkan di atas. Beberapa saran yang dapat Anda lakukan saat ini adalah memantau kondisi perdarahan yang muncul pada Anda, hindari melakukan hubungan seksual untuk sementara waktu, jaga kebersihan area kewanitaan, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, konsumsilah makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari stres dan kelelahan, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan.

Bilamana terjadi nyeri pada area perut bawah, nyeri pada vagina, perdarahan terjadi terus menerus, nyeri saat berkemih, nyeri pada punggung bawah, muncul keputihan yang berbau/berwarna, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik diagnostik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG jika diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasukkan jari ke vagina mungkin bisa merangsang pasangan, namun perhatikan juga risikonya

Penyebab Keluar Darah Saat Memasukkan Jari ke Vagina dan Cara Mencegahnya

Memasukkan jari ke vagina termasuk salah satu aktivitas seksual yang dilakukan agar suasana bercinta makin menggairahkan. Sayangnya, kegiatan ini kerap berisiko memicu perdarahan pada vagina. Mengapa bisa demikian?