pasca fraktur pelvis kaki belum bisa bertumpu

J Info Penanya: J, Wanita, 2019 Tahun
Selamat sore dok, 1 bulan saya mengalami kecelakaan, dan mengalami patah tulang pelvis di cincin kanan tidak ada luka, faktur tergolong stabil jadi tidak di operasi. Tapi samapi saat ini kaki belum bisa bertumpu full, cenderung condong ke samping. Kapan saya bisa berjalan normal ia dok? Please replay Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi J

Pasca fraktur tulang membutuhkan proses penyembuhan hingga 3 bulan. Akibat fraktur tersebut membuat pasien imobilisasi atau membatasi pergerakan sehingga otot sekitar mengalami penurunan fungsi disertai nyeri fraktur sehingga mempengaruhi kemampuan pergerakan, selain itu saat terjadi fraktur pelvis biasanya terjadi malalignment garis lurus tubuh membuat posis cenderung miring. 

Kemampuan untuk bertumpu akan sembuh bertahap hingga tulang menjadi padat kembali dan membutuhkan waktu.

Saya sarankan perbanyak konsumsi makanan mengandung kalsium seperti susu, tempe tahu, mengkonsumsi suplemen mengandung multivitamin D dan kalsium, latihan mobilisasi bertahap untuk berjalan.  Anda juga harus kontrol dengan dokter Spesialis Ortopaedi (Sp.OT) dan menjalani rehabilitasi dengan dokter spesialis Rehabilitasi Medik (SP.KFR)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala patah tulang biasanya berupa memar di atas tulang, hilangnya fungsi, dan nyeri di area cedera

Patah Tulang: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Patah tulang memiliki berbagai jenis. Pengobatan patah tulang pun dilakukan sesuai dengan jenisnya. Biasanya, risiko patah tulang atau fraktur dipengaruhi oleh usia, asupan gizi, dan aktivitas harian.