17 Oct 2020, 03:07Kanker

Terdapat cairan pada paru-paru

TS
Info Penanya: TS, Pria, 34 Tahun
Ass dok,saya mau tanya apakah ciri utama kangnker paru2 itu terendam cairan sebanyak 1,5liter diparu2 sebelah kanan setelah dilakukan tindakan 4x penarikan cairan masih saja paru2 kanan dipenuhi cair LG dalam 2x24jam dok Dan solusinya bagai mana Yach dok??terima kasih
430 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang TS,Kanker paru adalah adanya keganasan yang menyerang organ paru, jenis kanker paru sendiri ada beragam. Beberapa tanda gejala dari kanker paru sendiri diantaranya adalah:
  • Batuk berkepanjangan
  • Batuk berdarah
  • Sakit dada
  • Sesak napas
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Perubahan suara menjadi serak
  • Pembesaran pembuluh darah
Untuk memastikan kanker paru perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan rontgen, pemindaian dengan CT scan atau MRI dan juga dilakukan pemeriksaan biopsi untuk mengambil sampel jaringannya. Apabila sudah lebih lanjut, bisa ada gejala lain seperti penumpukan cairan pada paru atau disebut efusi. Efusi pleura sendiri dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan bernapas karena paru tidak bisa mengembang ataupun terendam cairan. Penanganan yang bisa dilakukan adalah dilakukan penarikan cairan. Tetapi jika tidak juga membaik bisa memerlukan operasi.Selain itu perlu juga untuk mengatasi apa penyebab dari penumpukan cairan tersebut, karena selain kanker paru ada beragam kondisi lain yang bisa jadi penyebabnya seperti gangguan jantung, infeksi paru, gangguan hati, gangguan ginjal, dan beragam penyebab lainnya. Untuk itu perlu dikonsultasikan pada dokter spesialis yang menangani apa yang jadi penyebab penumpukan cairannya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit paru-parukanker paru-parupenumpukan cairan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil