Apa makanan yang membantu penyembuhan paru-paru basah?

DM Info Penanya: DM, Wanita, 18 Tahun
Assalamualaikum dokter aku ingin bertanya, makanan apa saja yg bisa membantu menyembuhkan penyakit paru" BasahTlong responnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DM,

Paru-paru basah atau istilah medisnya adalah pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang bisa menyebabkan peradangan di jariangan dan kantung udara di paru-paru. Bagian organ yang terinfeksi dapat dipenuhi dengan nanah ataupun menjadi "basah karena dipenuhi cairan. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari infeksi bakteri, virus ataupun jamur.

Infeksi pneumonia sendiri dipicu oleh beragam hal, mulai dari kebiasaan sehari-hari seperit paparan ac, polutan, kebiasaan merokok, paparan udara dingin seperti saat berkendara di malam hari, gangguan sistem kekebalan tubuh, kebiasaan merokok, gangguan organ lain seperit masalah jantung, gangguan hati, menderita diabetes ataupun bisa karena lama dirawat di rumah sakit atau dikenal dengan hospital acquired pneumonia.

Apabila mengalami pneumonia, perlu dipastikan apa yang menjadi penyebabnya dimana bisa dilakukan serangkaian pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab darah, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan sampel dahak, pemeriksaan kultur cairan pleura, ataupun pemindaian dengan ct scan jika diperlukan.

Untuk makanan sendiri tidak ada makanan khusus, ikuti pengobatan yang diberikan dokter spesialis paru sesuai anjuran, jaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang tinggi kalori, tinggi protein, dan juga nutrisi pelengkap lainnya. Dan upayakan terhindar dari paparan rokok, polutan ataupun pemicu risiko pneumonia lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan untuk mencegah kanker paru-paru, bisa Anda sajikan untuk sajian keluarga

Ini Minuman dan Makanan Sehat, untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru, yang menyebabkan wafatnya Pak Sutopo, dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti polusi, rokok, dan asbestos. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengurangi faktor risiko kanker paru-paru, serta dengan konsumsi minuman dan makanan sehat tertentu.