14 Feb 2021, 00:15Pernapasan

Apa yang menyebabkan anosmia walau hasil swab negatif ?

CA
Info Penanya: CA0
dear dokter, saya ingin bertanya.. dr bulan juli 2020 saya mengalami anosmia. Dr awal saya anosmia hingga sekarang saya sudah swab sebanyak 3x dan hasilnya negatif. Saya anosmia dr bulan juli 2020 - januari 2021. Dan sekarang dr januari 2021 hingga sekarang saya mengalami parosmia. Jujur saya alami anosmia ini dadakan karena sebelumnya saya sakit radang tenggorokan hingga bikin telinga budek sebelah. Kalau penyakit yg saya alami ini bukan dr virus covid, berarti saya kena virus apa ya dok?
562 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, C.Salah satu gejala seseorang terinfeksi virus corona adalah tidak dapat mencium bau atau yang disebut dengan anosmia. Namun tidak semua anosmia disebabkan oleh infeksi virus corona. Anosmia membuat rasa tidak nyaman dan menganggu aktifitas sehari-hari, bahkan nafsu makan juga dapat menurun karena hidung tidak dapat mencium aroma lezat dari makanan.

Apa yang menyebabkan anosmia walau hasil swab negatif ?

Penyebab anosmia yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh infeksi virus corona, dimana hasil pemeriksaan yang negatif karena pengambilan sampel yang salah, transportasi yang membawa sampel tidak baik dan dalam suhu optimal, atau hasil pembacaan yang keliru.Anosmia juga dapat disebabkan oleh tersumbatnya saluran hidung akibat polip, pembesaran mukosa, penekanan saraf penciuman akibat perdarahan dan tumor di otak, ataupun disebabkan oleh gangguan psikologis dimana merasa tidak dapat mencium bau atau merasa mencium bau walau sumber bau tidak ada.Anda dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di dokter spesialis THT dan KL agar penyebab anosmia dapat diketahui dengan cepat dan penanganan dapat dilakukan segera. Jaga kesehatan dan tingkatkan imun agar tubuh terhindar dari segala penyakit.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
anosmiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil