Patah tulang, bagaimana proses penyembuhannya?

WG Info Penanya: WG, Pria, 33 Tahun
Aslmkm.. Dok.. Sy mngalami patah tulang lengan atas dlihat dr hsil rongsen trjdi jarak dpatahan kurang lbh 2 cm.. Tp sdh ada penampkan kalus d minggu ke 4.. Apa itu sdh normal prosesny? Btuh brp minggu/ bkn hingga bs trsambung atau kalus mengeras?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Patah tulang (fraktur) adalah hilangnya kontinuitas dari tulang yang paling sering disebabkan karena cedera atau trauma pada tulang. Jenis patah tulang mempengaruhi penanganan yang dapat dilakukan untuk membantu proses penyembuhan tulang, seperti pelrunya dilakukan tindakan operasi pada tulang yang patah. Proses penyembuhan tulang dapat dipantau dengan menggunakan pemeriksaan rontgen. 

Tahapan yang terjadi dalam proses penyembuhan patah tulang adalah:

  • Proses inflamasi (peradanagan), terjadi pembengkakan, kemerahan, sejak terjadinya patah tulang hingga sekitar 1 - 7 hari
  • Pembentukan soft callus, terjadi antara minggu ke 2-3, dalam waktu sekitar 4-8 minggu setelah cedera, dan belum terlihat pada rontgen
  • Pembentukan hard callus, terjadi antara minggu ke 4, dalam waktu sekitar 8-12 minggu setelah cedera, tulang baru mulai mengisi celah fraktur, hard callus nampak pada rontgen
  • Remodelling tulang, dimulai sekitar 8-12 minggu setelah cedera hingga beberapa tahun kedepan

Berbeda bagian tulang, membutuhkan waktu yang berbeda. Jika pada kondisi patah tulang terjadi pada area lengan atas (tulang humerus) membutuhkan waktu kurang lebihs elama 6-8 minggu. 

Tips untuk membantu mempercepat penyembuhan patah tulang adalah:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Konsumsi susu
  • Konsumsi vit D dan kalsium 
  • Perbanyak sayur dan buah
  • Batasi gerak (immobilisasi), jaga keberisihan area luka

Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis orthopedi secara rutin untuk mengetahui kondisi tulang Anda dan perkembangannya.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia paling sering mengalami kecelakaan karena terjatuh yang tentu saja ini membahayakan kesehatan mereka

Kecelakaan karena Jatuh pada Lansia Bisa Sebabkan 5 Hal Ini

Kecelakaan karena jatuh pada lansia cukup membahayakan kesehatan. Meskipun hanya terjatuh tidak boleh dianggap remeh, karena dapat menyebabkan cedera pada otak!