08 Apr 2021, 15:54Kulit & Kelamin

Apakah daging tumbuh di bekas luka berupa papiloma ?

BP
Info Penanya: BP, Wanita, 30 Tahun
Sore dok,,sya dhea Sya mau bertanya papiloma itu berbahaya tdk. Soalnya ada papiloma yg tumbuh di bokong sya dok. Dikarenakn dulu sya prnh ketusuk kaca di bokong tp tdk sya jahit krn takut. Tadinya tdk numbuh dok sya biasa2 saja seiringnya brtambah usia kok papiloma sya numbuh&membesar sakit sih gk cuma risih bgt dok. Minta sarannya dok trm ksh
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, B.Papiloma adalah salah satu virus yang menyebabkan timbulnya kutil kelamin dan dapat mencetuskan kanker serviks, terutama papilollavirus tipe 6, 11, 16 dan 18. Faktor risiko seseorang terkena papilollavirus antara lain berhubungan seksual dengan banyak pasangan, berbagi pakaian pribadi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, tidak menjaga kebersihan dengan baik. 

Apakah daging tumbuh di bekas luka berupa papiloma ?

Selain menyebabkan kutil kelamin, papiloma jenis lain yaitu HPV 1,2,4,27 dan 29 juga dapat mencetuskan daging tumbuh di kulit yang disebut dengan kutil. Umumnya kutil tidak berbahaya namun dapat bertambah banyak, menular, dan menurunkan rasa percaya diri.  Keluhan yang Anda alami dapat berupa kutil akibat papilomavirus, kelenjar lipoma, maupun skin tag, dan kista.

Bagaimana cara mengatasi daging tumbuh di kulit ?

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Anda harus mencari tahu dulu penyebab timbul daging tumbuh tersebut. Jika daging tumbuh berupa kelenjar lemak, maka dokter akan membuat sayatan kecl untuk mengeluarkan lipoma. Namun jika penyebab karena kutil papilomavirus beberapa cara mengatasinya antara lain :
  • Salap mengandung salisilat dan asam glikolat.
  • Terapi beku atau krioterapi.
  • Bedah listrik atau terapi laser.
Jika kutil papilomavirus menimbulkan rasa nyeri, Anda dapat mminum obat pereda nyeri seperti parasetaol. Yang terpenting Anda harus menjaga kebersihan kulit, tidak berbagi pakaian pribadi kepada orang lain termasuk handuk. Konsultasi segera ke dokter kulit untuk pemeriksaan dan penatalaksaan.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kistakutilbenjolan lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil