Papila di lidah membesar dan rasa panas perih, apa penyebabnya?

NH Info Penanya: NH, Pria
Hai dok..Papila di pangkal lidah saya sudah sangat besar benjolannya. Ada di kedua-fua kiri kanan dan boleh nampak sebesar biji guli.selalu rasa nyerih.setiap hari.Bagaimana cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Papila merupakan tonjolan pada permukaan lidah. Papila berisi ujung-ujung serabut saraf yang berfungsi menerima rangsang pengecapan. Selain itu papila berfungsi membuat permukaan lidah menjadi tidak rata agar mudah membolak-balik makanan di mulut.

Dalam beberapa keadaan papila bisa membesar, contohnya pada kasus peradangan lidah atau pembesaran lidah. Peradangan lidah terjadi bisa karena iritasi, akibat makanan yang merangsang seperti makanan berlemak, makanan pedas, panas dan juga infeksi, misalnya infeksi saluran nafas akibat flu menyebabkan peradangan yang mengenai tenggorokan dan lidah.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan keluhan yang Anda alami masih normal, namun jika keluhan terebut dirasakan sangat menganggu, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter.

Untuk mengatasi keluhan Anda, ada beberapa cara untuk mengatasinya :

  • Mengunyah makanan hingga halus
  • Konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah
  • Cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari
  • Hindari makanan yang di goreng, pedas dan panas

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna lidah bisa membantu mendeteksi masalah kesehatan tertentu

Perubahan Warna Lidah Bisa Deteksi Penyakit Ini

Perubahan warna lidah dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan. Kenali berbagai warna lidah, dan kemungkinan kondisi yang mendasarinya.