panu tak kunjung hilang

NN Info Penanya: NN, Pria, 21 Tahun
Dok,panu di area punggung saya udah menahun tak kunjung sembuh2 Dok,padahal udh sih ke dokter kulit dikasih obat,nahan pantangan dan disuruh berjemur wktu pagi ,tapi gk sembuh juga malah me nyebar ke area lain,Mohon solusinya lagi Dokter,,,, terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Pak.

Terima kasih atas pertanyaannya,

Panu adalah suatu infeksi jamur pada kulit dengan bentuk bercak-bercak dengan varian warna lebih terang atau lebih gelap, dan dapat timbul pada seluruh bagian tubuh. Panu sering ditemukan pada daerah yang banyak berkeringat dan lembab seperti punggung, perut, serta area lipatan.

Pengobatan panu dapat berupa salap antijamur, obat minum antijamur dan obat penghilang rasa gatal (jika ada keluhan gatal). Panu juga erat kaitannya dengan kebersihan tubuh dan kelembaban kulit. Langkah - langkah yang dapat ditempuh untuk mempercepat kesembuhan panu, yaitu :

  • Selalu sedia handuk/tissue untuk membasuh keringat atau baju ganti
  • Mandi minimal 2 kali sehari
  • Jangan gunakan pakaian/handuk bersamaan dengan orang lain

Pengobatan penyakit panu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung dari luasnya dan keparahannya. Apabila tidak kunjung hilang, sebaiknya lakukan konsultasi ulang dengan dokter spesialis kult.

Salam sehat,

dr. Christine V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menurut peneliti, panca indra penciuman milik manusia, bisa mencium lebih dari 1 triliun aroma.

Mengenal 5 Panca Indra Beserta Fungsinya yang Mudahkan Hidup Manusia

Panca indra adalah “asisten” kehidupan, yang dapat membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui peran dan fungsi dari masing-masing panca indra.