mengatasi panu dan balas bogo

EZ Info Penanya: EZ, Wanita, 18 Tahun
malam dom saya mau tanya saya disiku tangan ada panu yang cukup besar dan sudah lama tidak hilang,belum cek kedokter sih cuman pake obat daktarine dan obat krim pi kang shuang tetep putih menonjol dan dimuka saya tiba" ada bercak putih seperti balas bogo ini muncul saat hariminggu saya dari serang tiba" muncul bercak putih 2 titikk bagaimana agar menghilangkan dengan cepat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EZ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Panu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan ditandai dengan bercak-bercak kecil bersisik disertai perubahan warna kulit abnormal. Warna bercak tersebut dapat lebih terang ataupun lebih gelap dari kulit normal disekitarnya. Seriring waktu, jika tidak tertangani dengan baik, bercak-bercak kecil dapat bergabung membentuk bercak yang luas.

Dalam bahasa medis panu dikenal dengan Pityriasis/Tinea Versicolor. Umumnya daerah yang terserang panu berkisar pada punggung, perut dada lengan dan leher. Keluhan yang timbul dapat disertai gatal yang berskala ringan. Infeksi kulit ini seringkali menyernag dewasa dan remaja, namun panu dikategorikan sebagai penyakit kulit ringan yang tidak berbahaya dan tidak menular.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, infeksi kulit yang diderita di area tangan mungkin berbeda jenisnya dengan kelainan kulit yang Anda sebut dengan balas bogo di wajah Anda. Kelainan kulit yang terdapat pada wajah Anda tersebut mungkin merupakan pitiriasis alba, yaitu kelainan kulit sejenis eksim atau dermatitis atopik yang berbentuk ringan. Keluhan pada tangan Anda pun perlu diperiksakan lebih lanjut karena masih mungkin berupa pitiriasi alba juga dan bukan merupakan panu, karena tidak membaik dengan penggunaan salep antijamur yang telah Anda coba.

Untuk memastikan kelainan kulit yang Anda derita, ada baiknya Anda memeriksakan diri pada dokter terdekat atau langsung kepada Spesilais Kulit, agar pengananannya sesuai dengan penyebabnya.

Untuk sementara, Anda dapat menerapkan tips berikut untuk mengurangi keluhan yang dialami, diantaranya adalah :

  • menghindarkan kelainan yang dilami dari keadaan lembap dan senantiasa menjaga higienitas tubuh
  • menggunakan sabun yang tinggi akan kandungan pelembap
  • hindari paparan sinar matahari yang berlebih dan senantiasa menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30

Jika keluhan semakin meluas, hendaknya untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan agar dapat segera diberikan pengobatan oleh dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jamur kulit dapat berbentuk krim atau salep yang bisa langsung dioleskan

Daftar Obat Jamur Kulit di Apotek, Mana yang Paling Ampuh?

Obat jamur kulit dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang menjangkiti tubuh Anda. Obat ini bisa dalam bentuk krim atau salep, obat minum, suntik, hingga intravagina. Selain itu, ada juga obat-obatan alami yang bisa digunakan.