Pantat gatal sudah hampir setahun

IN Info Penanya: IN, Wanita, 28 Tahun
Dok pantat saya ini gatal dan suda hampir setahun. Sudah pakai salep 88, kalpanax, salp ketoconazole sampai air cuka tetep ga sembuh ... Sudah ganti cd setiap hari sampai stok cd ada 3lusin, bahkan kompres hangat, berkurang aja dok setelahnya ya kambuh lg ... Kudu gimana dok obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IN,

Keluhan gatal di area pantat bisa disebabkan beragam hal mulai dari reaksi alergi, peradangan kulit atau dermatitis, infeksi jamur kulit, infeksi bakteri kulit, prurigo, neurodermatitis atau peradangan kulit kronis, penyakit autoimun, infeksi parasit seperti kudis dan kecacingan dan beragam penyebab lain.

Jika sudah mengalami keluhan gatal-gatal hampir 1 tahun, kami sarankan untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit agar dilakukan pemeriksaan mulai dari wawancara mengenai keluhan yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan kerokan kulit, pemeriksaan dengan lampu khusus dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Upayakan menjaga kebersihan diri, tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, dan juga memperhatikan apa yang memicu timbulnya reaksi gatal dan hindari. Gunakan lotion calamine dan bedak untuk meredakan gatal sementara dan hindari menggaruk bagian yang gatal agar tidak menimbulkan iritasi. Pada beberapa kasus pengobatan perlu dilakukan hingga beberapa minggu dan juga ada penyebab gatal yang dapat kembali kambuh apabila kembali kontak dengan pencetus gatal dan tidak benar-benar sembuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab gatal-gatal pada kulit lansia adalah infeksi parasit

Mengapa Lansia Sering Mengalami Gatal-gatal pada Kulit?

Seiring bertambahnya usia, berbagai perubahan akan terjadi di kulit. Selain keriput, gatal-gatal juga sering menyerang kulit lansia. Penyebab gatal-gatal pada kulit lansia sangat beragam, salah satunya adalah infeksi parasit.