Pantangan dan pengobatan asam urat

B Info Penanya: B, Wanita
Sore, dok. Saya ingin bertanya mengenai penyakit yang diderita ayah saya. Ayah saya terkena penyakit asam urat bahkan nilai asam uratnya tinggi hingga 17. Kira-kira obat yang cocok untuk meredakan asam urat dan pantangan asam urat apa saja ya, dok? Terima kasih, dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. IJ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Asam urat adalah zat yang dibentuk di dalam tubuh hasil dari metabolisme putin. Terdapat beberapa keadaan yang dapat mengakibatkan kadar purin yang kemudian diubah menjadi asam urat ini meningkat di dalam tubuh yaitu, gangguan metabolisme tubuh dan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar purin yang tinggi. Apabila kadar purin di dalam darah tinggi maka dapat terjadi penumpukan kadar asam urat, yang kemudian dapat mengakibatkan suatu penyakit yang umumnya menyerang sendi-sendi di daerah kaki.

Berikut ciri dan gejala yang dapat ditimbulkan dari penumpukan asam urat :
  • nyeri mendadak yang biasanya terjadi di malam atau pagi hari
  • perasaan tidak nyaman pada sendi dan teraba hangat atau bahkan panas saat disentuh, dapat disertai warna kemerahan pada daerah tersebut. Pada keadaan yang sangat berat bahkan dapat mengalami kesulitan untuk menapakkan kaki
  • sendi dapat juga terasa kaku

Karena makanan dan minuman yang kita makan berkontribusi tinggi terhadap kenaikan atau bahkan penumpukan kadar asam urat, maka perlu diketahui jenis-jenis makanan yang mengandung kadar purin tinggi untuk dapat mencegah asupan yang berlebihan.

Berikut beberapa jenis makanan dengan kadar purin yang tinggi :
  • jeroan
  • makanan laut
  • bagian daging tertentu
  • beberapa makanan yang bersumber dari tananaman
  • alkohol

selain itu terdapat juga beberapa hal yang dapat memperparah keadaan radang yaitu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, menonsumsi makanan olahan dan merokok.

Mengenai penyakit yang diderita oleh Orang tua Anda, karena kadar asam urat sudah tergolong sangat tinggi sebaiknya Anda memeriksakan Ayah Anda secara langsung ke dokter Spesialis Penyakit Dalam agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

Sementara yang dapat Anda lakukan dirumah antara lain :
  • menjaga pola makan (menghindari jenis makanan tinggi purin)
  • mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C
  • menjaga berat badan yang ideal
  • menncukupi kebutuhan cairan perhari (1,5-2 liter air putih /hari)

dan apabila keluhan disertai rasa nyeri dan bengkang, Anda dapat melakukan kompres dingin pada daerah tersebut, dan untuk sementara mengisitirahatkan sendi dengan meletakkan pada benda yang lembut seperti bantal.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memar dan nyeri pada persedian adalah salah satu gejala asam urat

Gejala Asam Urat yang Perlu Anda Waspadai

Nyeri asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi akibat kadar asam urat berlebih. Gejala asam urat bisa muncul di berbagai tempat dan waktu. Karena itu, menjaga kadar asam urat di tubuh merupakan langkah yang penting dilakukan, terutama pada lansia.