Panggul mengganjal setelah berhubungan keluar gumpalan daran dan sering keputihan tidak berbau

J Info Penanya: J, Wanita, 26 Tahun
"dokyer saya ingin bertanya panggul saya itu seperti mengganjal, kemarin saya hubungan sama suami keluar gumpalan darah , dan saya sering sekali keputihan tetapi tdk berbau. Kira2 saya kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam J

Adanya rasa mengganjal di panggul disertai keluarnya gumpalan darah dan keputihan dapat menjadi tanda beberapa penyakit seperti penyakit radang panggul / pelvic inflamatory disease, penggunaan kontrasepsi IUD, infeksi kelamin termasuk penyakit menular sexual,  mioma utery, polip serviks dan kanker serviks.

Pada penyakit radang panggul biasanya terdapat infeksi organ kelamin bagian dalam yang menyebabkan nyeri pada perut panggul, terkadang disertai keluar darah dari vagina dan demam. Penyakit ini dapat dihilangkan dengan pemberian antibiotik

Penggunaan kontrasepsi IUD juga dapat menyebabkan efek samping keluarnya darah dari vagina, nyeri pada panggul dan timbulnya flek. 

Pada penyakit menular seksual seperti gonorhae, clamidia dapat terjadi perdahan dan keluar flek yang berbau, perut dan panggul dapat terasa nyeri. Biasanya terjadi akibat aktivitas sexual sembarangan dan tanpa menggunakan kondom. 

Adanya tumor mioma uteri, polip servix dan kanker serviks pada wanita juga memicu pengeluaran darah bergumpal dengan keluhan nyeri panggul dan flek.

Saran saya sebaiknya anda menjaga kebersihan alat kelamin, hindari penggunaan sabun cebok vagina karena dapat memicu pertumbuhan kuman jahat dan hilangnya flora normal vagina, hindari hubungan sexual yang beresiko. Selanjutnya anda juga harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG untuk memastikan penyebab darah bergumpal, anda mungkin perlu menjalani USG. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala servisitis atau radang serviks adalah iritasi pada vagina atau leher rahim

Waspada! 7 Gejala Ini Dapat Menjadi Tanda Anda Terkena Radang Serviks

Servisitis adalah peradangan serviks atau leher rahim. Pada sebagian wanita, gejala servisitis atau radang serviks seringkali tidak disadari, sehingga terlambat untuk ditangani. Gejala servisitis antara lain, yaitu gatal pada vagina, pendarahan vagina, dan nyeri panggul.