Panduan pola hidup dan makanan sehat

AU Info Penanya: AU, Wanita, 21 Tahun
Dear Dokter, Berapakah berat badan ideal untuk wanita usia 22 tahun? Dan bagaimana cara hidup sehat dengan pola makan yang baik?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu AU,

Untuk mengukur berat badan ideal dapat dihitung dengan rumus : (Tinggi Badan – 100) – 10%, jadi untuk Ibu berat badan ideal adalah 52 Kg.

Cara sederhana untuk menjalani hidup sehat setiap hari dan dijadikan gaya hidup adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini yaitu :

  • Pola Makan Sehat, biasakan untuk makan 3 kali sehari yaitu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam
  • Dapatkam kecukupan cairan buat tubuh. Kebutuhan air putih untuk orang dewasa sehari adalah 2 Liter, hal ini setara dengan 8 – 12 gelas air putih.
  • Tidur dan beristirahat secara cukup.Untuk orang dewasa, tidur malam yang berkualitas adalah antara 6 sampai 7 jam setiap malam, dan waktu tidur yang baik adalah antara jam 10 malam sampai jam 5 pagi.
  • Olah raga secara teratur. Mulailah dengan jalan kaki santai dan joging, dengan waktu 3 kali setiap minggu dan 20 menit setiap kali berolah raga. Lakukan olah raga secara rutin dan bertahap.
  • Berhenti merokok, karena merokok sangat tidak berguna untuk kesehatan.
  • Usahakan mencapai dan pertahankan berat badan ideal.
  • Hindari stress berkepanjangan. Biasakan berpikiran positif dan optimis, karena baik untuk kesehatan mental dan jiwa. Kesehatan mental yang baik akan memberi pengaruh baik pada kesehatan tubuh.
  • Minumlah Suplemen dan Multivitamin, setiap hari bila perlu
  • Beribadah dan berdoa secara teratur. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa beribadah dan berdoa adalah sama dengan bermeditasi. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi jiwa dan tubuh manusia karena saat bermeditasi tubuh diberikan waktu beristirahat dan relaksasi, sehingga stress pada tubuh dan jiwa dapat dinetralisir.
  • Kembangkan hubungan sosial yang baik. Memiliki sahabat – sahabat yang baik, koneksi dan relasi baru, dapat memberikan rasa senang. Hubungan sosial yang positif secara umum baik untuk kesehatan jiwa.
  • Berlibur, Setelah sibuk dengan rutinitas sehari – hari, maka disarankan untuk menikmati liburan seperti berkunjung ke tempat – tempat favorit bersama keluarga dan teman.
  • Sebaiknya tidak bekerja melebihi kemampuan otak dan tubuh, karena penelitian membuktikan orang yang sering bekerja lembur lebih dari 8 jam sehari memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner.

Prinsip sederhana dan sehat untuk  melakukan pengaturan makanan yang baik buat tubuh adalah : Sarapan pagi

  • Sarapan pagi sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.
  • Makan Siang dengan mengikuti panduan diet seimbang yaitu Karbohidrat (nasi, mie, pasta, roti,dll) dan serat (sayur dan buah) masing-masing 35%, Protein (ikan, daging, tahu,tempe,kacang-kacangan,dll) sebanyak 12,5% kemudian  Susu, keju, dan produk susu sebanyak 12,5% di ikuti dengan makanan mengandung gula tinggi (kue, soda, biskuit, dll) sebanyak 5%
  • Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya) Sebaiknya tidak mengkonsumsi : cemilan,es krim, kue – kue, biskuit, permen, coklat dll.
  • Batasi intake Karbohidrat kompleks. Nasi, mie, pasta, jagung, kentang dan lain lain sebaiknya dibatasi jumlah yang dimakan. Tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu, dan tempe.
  • Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.
  • Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non fat / susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium. Kekurangan kalsium dalam darah sering disalah-artikan tubuh sebagai rasa lapar.
  • Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.
  • Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih. Keuntungannya selain menambah asupan Vitamin C untuk tubuh, memberi rasa segar untuk air yang diminum, juga merupakan cara detoksifikasi sederhana.

Saran kami sebelum minum suplemen apapun sebaiknya di konsultasikan dulu dengan Dokter.

  • Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  • Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  • Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.
  • Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah sehingga saat masuk dalam makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.

Tetaplah konsisten dan rutin mengikuti saran sehat ini, untuk mencapai tujuan jangka panjang memperoleh Berat Badan Ideal dan mempertahankannya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat chia seed bagi kesehatan

Meski Banyak Manfaatnya, Konsumsi Chia Seed Tidak Boleh Sembarangan

Chia seed merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Biji-bijian hitam yang berukuran kecil ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga risiko penyakit jantung. Chia seed dapat ditambahkan dalam sereal, smoothie, yogurt, dan lainnya.