Apa saja manfaat dari Echinacea?

A Info Penanya: A, Wanita, 40 Tahun
Dok, mau tanya ya. Kalau saya minum echinacea untuk pemeliharaan kesehatan, apakah betul hanya boleh minum maksimum 8 hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Echinacea adalah tanaman sejenis bunga yang tumbuh di daratan Eropa dan Amerika Utara. Tanaman ini terdiri dari beberapa jenis yang dapat digunakan sebagai obat herbal yaitu Echinacea angustifolia, Echinacea pallida, Echinacea purpurea. Jaman dahulu, tanaman Echinacea digunakan untuk pengobatan herbal tradisional oleh suku Indian, lalu sekarang sudah berkembang menjadi obat-obatan yang berguna bagi kesehatan dan sering kita jumpai sebagai salah satu komposisi dari vitamin. Echinacea punya banyak manfaat.

Manfaat Echinacea yaitu:

  • Melawan reaksi flu atau pilek
  • Memelihara daya tahan tubuh
  • Mengendalikan gula darah
  • Antiradang
  • Mencegah penyebaran kanker

Walaupun begitu, Echinacea juga memiliki efek samping yaitu demam, mual, muntah, nyeri perut, diare, mulut terasa kering, sesak napas, sakit kepala, sulit tidur, nyeri sendi dan otot. Dalam mengonsumsi Echinacea, sebaiknya Anda mengikuti aturan dari dokter spesialis penyakit dalam atau dokter yang telah memberikannya. Jadi, jangan sembarang di konsumsi karena dapat menimbulkan efek samping bila tidak sesuai dengan pengguanaannya.

Pemberian obat Echinacea harus diperhatikan juga terhadap orang yang memiliki reaksi alergi, ibu hamil dan menyusui (biasanya dapat diberikan tapi dalam jangka waktu singkat), penderita autoimun seperti multiple sclerosis, lupus, rheumatoid arthritis.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tradisional kanker payudara bisa ditemukan di sekitar Anda, termasuk pare.

7 Obat Tradisional Kanker Payudara yang Bisa Jadi Pilihan

Kandungan antioksidan pencegah sel kanker dalam 7 tanaman ini membuat deretan tanaman ini dimanfaatkan pula antara lain sebagai obat tradisional kanker payudara. Apa saja tanaman herbal tersebut?