Pandangan Mata tetap kabur meskipun memakai kacamata minus

AP Info Penanya: AP, Pria, 2019 Tahun
Saya itu minus 1 tapi di lepas kacamata jelas dan tapi kalau pakai kacamata minus 2 lebih jelas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AP.

Terimakasih atas pertanyaannya, saya akan membantu Anda menjawab pertanyaan Anda.

Rabun jauh atau sering orang awam bilang minus pada mata adalah penyakit yang disebabkan karena gangguan refraksi pada mata. penderita rabun jauh akan kesulitan dalam melihat benda pada jarak jauh karena pada rabun jauh obyek yang terlihat pada jarak jauh, akan menghasilkan bayangan pada mata yang dipusatkan didepan retina (tidak tepat pada retina). Sehingga membuat gambar yang dihasilkan oleh otak tidak fokus, pada kasus ini mata akan mencoba memusatkan bayangan pada retina dengan mengontraksikan otot silier mata agar bayangan dapat fokus di retina. Kerja otot silier mata yang berlebihan dapat menyebabkan rasa nyeri, dan lelah di mata dan juga sakit kepala karena otot pupil mata bekerja secara berlebihan.

Rabun jauh dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu bentuk bola mata yang lebih panjang dari bola mata normal, dan kelainan di kornea mata dan lensa mata yang berfungsi memfokuskan cahaya diretina. Penyebab faktor rabun jauh tersebut masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa hal yang diduga dapat meningkatkan resiko tersebut seperti genetik, kebiasaan membaca dan menonton/melihat monitor gawai terlalu dekat, dan kurang vitamin D.

Rabun jauh dapat menjadi semakin parah seiring bertambahnya usia, biasanya apabila memakai kacamata minus, pandangan masih kabur atau sudah tidak sejelas sewaktu pertama kali memakai kacamata dan membutuhkan pemeriksaan ulang agar dapat menyesuaikan kekuatan lensa kacamata yang baru. 

Beberapa kemungkinan lain yang dapat memengaruhi pandangan kabur pada mata antara lain : 

  1. Silinder/Astigmatisma : pada mata yang mengalami silinder, obyek akan membentuk bayangan ganda di retina, sehingga otak akan sulit memfokuskan bayangan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan nyeri kepala, dan lelah pada mata pada saat mata mencoba memfokuskan obyek tersebut
  2. Adanya peradangan atau infeksi dimata seperti keratokonjungtivitis atau peradangan pada kornea yang dapat menyebabkan pandangan mata kabur dan juga sakit kepala karena kornea merupakan salah satu elemen refrakter pada bola mata, sehingga adanya peradangan pada bagian ini dapat menyebabkan gangguan pembentukan bayangan yang dihasilkan dari obyek tidak fokus. Peradangan pada bagian lain pada mata seperti pada uveitis, atau iritis
  3. Glaukoma yaitu penyakit pada mata yang ditandai dengan mata merah secara mendadak disertai nyeri hebat pada mata dan nyeri kepala, mual muntah, dan fotofobia. Penyakit ini disebabkan akibat tersumbatnya saluran ciran yang keluar dari bola mata, sehingga bola mata akan membesar dan dapat menekan saraf yang ada di belakang bola mata
  4. Gangguan pada syaraf mata yang disebabkan oleh penyakit metabolik atau hipertensi.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis mata agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada mata Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata antara lain 

  1. Hindari menggosok gosok mata Anda
  2. Gunakan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran tepat
  3. Hindari membaca, melihat monitor, atau menggunakan gawai dengan jarak sangat dekat dan dalam waktu yang lama.
  4. jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin A dan Vitamin C seperti Wortel, tomat, berry, dan salmon.
  5. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  6. Olahraga teratur
  7. Istirahat cukup
  8. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata Anda. 

 Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti

  • Pandangan kabur disertai nyeri kepala dirasa semakin hebat,
  • Pandangan kabur disertai nyeri mata hebat disertai mata merah secara mendadak,
  • Muncul kilatan cahaya pada salah satu atau kedua mata
  • Muncul bayangan seperti tirai pada pengelihatan

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kacamata baca bisa dijadikan pilihan bagi penderita rabun tua

Tips Memilih Kacamata Baca untuk Penderita Rabun Tua

Rabun tua adalah hilangnya kemampuan mata secara perlahan-lahan untuk memfokuskan benda yang berjarak dekat. Jenis kaca mata yang digunakan oleh penderita rabun tua biasanya adalah kacamata baca.