Pandangan mata kabur dan terasa pusing

MY Info Penanya: MY, Pria, 2019 Tahun
Dok mata saya terasa sakit pusing dan penglihatan pun agak rabun.penyembuhan dan penyakit apa yang saya derita
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam MYS,

Terimakasih atas pertanyaannya, saya akan membantu Anda menjawab pertanyaan Anda.

Penglihatan kabur disertai sakit kepala biasanya disebabkan beberapa penyakit mata seperti :

1. Gangguan refraksi pada mata :

  • rabun jauh/rabun dekat: pada rabun jauh obyek pada jarak jauh, akan menghasilkan bayangan pada mata yang dipusatkan tidak tepat pada retina. Sama dengan rabun jauh, pada rabun dekat obyek pada jarak dekat akan menghasilkan bayangan pada mata yang dipusatkan tidak tepat pada retina, sehingga membuat gambar yang dihasilkan oleh otak tidak fokus, pada kasus ini mata akan mencoba memusatkan bayangan pada retina dengan mengontraksikan otot silier mata agar bayangan dapat fokus di retina. Kerja otot silier mata yang berlebihan dapat menyebabkan rasa nyeri di mata dan juga sakit kepala karena otot pupil mata bekerja secara berlebihan 
  • silinder : pada mata yang mengalami silinder, obyek akan membentuk bayangan ganda di retina, sehingga otak akan sulit memfokuskan bayangan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan nyeri kepala pada saat mata mencoba memfokuskan obyek tersebut

2. Adanya peradangan atau infeksi dimata seperti keratokonjungtivitis atau peradangan pada kornea yang dapat menyebabkan pandangan mata kabur dan juga sakit kepala karena kornea merupakan salah satu elemen refrakter pada bola mata, sehingga adanya peradangan pada bagian ini dapat menyebabkan gangguan pembentukan bayangan yang dihasilkan dari obyek tidak fokus. Peradangan pada bagian lain pada mata seperti pada uveitis, atau iritis

3. Kelelahan pada mata yang dapat disebabkan oleh kurang tidur, menatap layar monitor gawai/televisi terlalu lama, atau terlalu dekat. Kelelahan pada mata dapat menimbulkan gejala seperti mata terasa nyeri, pedih atau gatal; pandangan kabur atau berbayang; mata yang lebih sensitif terhadap cahaya; dan mata sering berair.

4. Glaukoma yaitu penyakit pada mata yang ditandai dengan mata merah secara mendadak disertai nyeri hebat pada mata dan nyeri kepala, mual muntah, dan fotofobia. Penyakit ini disebabkan akibat tersumbatnya saluran ciran yang keluar dari bola mata, sehingga bola mata akan membesar dan dapat menekan saraf yang ada di belakang bola mata. 

4. Gangguan pada syaraf mata yang disebabkan oleh penyakit metabolik atau hipertensi.

5. dan Lain lain.

 

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis mata agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada mata Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada mata Anda beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain 

  1. Hindari menggosok gosok mata Anda
  2. Hindari membaca, melihat monitor, atau menggunakan gawai dengan jarak sangat dekat dan dalam waktu yang lama.
  3. Jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin A dan Vitamin C seperti Wortel, tomat, berry, dan salmon.
  4. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  5. Olahraga teratur
  6. Istirahat cukup
  7. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata Anda. 

Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti nyeri kepala dirasa semakin hebat, nyeri mata hebat disertai mata merah secara mendadak, atau pandangan mata dirasakan semakin kabur dalam waktu yang cepat, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur lasik aman dan efektif bahkan pada usia tua (40-69 tahun)

Pro dan Kontra Prosedur Lasik untuk Rabun Tua

Prosedur lasik biasanya dilakukan untuk mengoreksi beberapa gangguan penglihatan. Lasik untuk rabun tua memiliki banyak kelebihan, seperti penglihatan dapat membaik dengan cepat dan aman dilakukan pada usia tua.