Panas tinggi kemudian terasa kaki dan tangan dingin

DA Info Penanya: DA, Wanita, 17 Tahun
Setelah kemarin saya panas tinggi,saya berobat,kemudian besoknya panas badan saya sudah turun,selanjutnya,sekarang badan saya benar2 lemas dok,digerakkan sedikit lnsung capek dok,kaki dan tangan saya terkadang dingin,dan terkadang juga berkeringat dingin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Panas tinggi merupakan tanda tubuh mengalami demam dimana perlu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer dan didapati suhu diatas 37,5 derajat celcius. Demam sendiri dapat disertai gejala lain seperti batuk, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, mual dan muntah dan gejala lainnya. Ketika tubuh merasa dingin, hal itu bisa disebabkan tubuh akan mengalami demam.

Penanganan demam yang dapat dilakukan adalah dengan minum lebih banyak cairan, perbanyak istirahat, makan makanan bernutrisi, dan minum obat pereda demam seperti paracetamol jika diperlukan. Gunakan pakaian yang sejuk dan hindari menggunakan pakaian tebal atau selimut tebal.

Jika dalam 2 hari demam tidak membaik, segera periksakan diri karena perlu diketahui apa penyebabnya dimana demam mungkin disebabkan oleh banyak penyebab seperti infeksi saluran napas, infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih, demam berdarah, tifus dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.