Panas pada miss V

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya tadi waktu saya buang air kecil tiba" keluar lendir seperti keputihan, warnanya seperti putih telur. Tapi lendirnya tebal trus nyambung panjang gitu. Terkadang miss v saya juga merasakan agak panas gitu. Kira" kenapa ya dok, dan apa yang harus saya lakukan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Berdasarkan keluhan anda. Lendir yang dikeluarkan kemungkinan disebut keputihan. Keputihan atau disebut flour albus/leukorea/vaginal discharge adalah semua pengeluaran cairan dari alat genitalia. Keputihan dapat diklasifikasikan menjadi dua:

  1. Keputihan fisiologis. Berupa cairan jernih, tidak berbau dan tidak gatal. Keadaan ini dialami semua wanita.
  2. Keputihan patologis. Cairan ini berwarna puting kekuningan, jumlahnya berlebihan, berbau tidak sedap, terasa gatal. Penyebabnya biasa kebanyakan disebabkan infeksi bakteri, virus atau jamur.

Jika keputihan yang dialami tidak mengarah ke keputihan patologis maka keputihan yang dialami adalah normal dialami setiap wanita karena hormon. Tetapi hati-hati, jika keputihan yang keluar seperti ciri-ciri keputihan patologis yang sudah dijelaskan diatas, segera konsulkan ke dokter.

Keluhan berikutnya miss V terasa panas, apakah kencing disertai rasa nyeri, anyang-anyangan, berdarah, tersendat atau demam?

Jika disertai rasa rasa nyeri waktu kencing dan disertai anyang-anyangan, kemungkinan Anda mengalami infeksi saluran kencing.

Infeksi saluran kencing atau ISK adalah infeksi atau proses peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri. Gejala yang akan ditimbulkan adalah:

1. rasa nyeri, terbakar, anyang-anyangan saat kencing.

2. demam.

3. meningkatkan frekuensi buang air kencing.

4. terdapat darah dalam air kencing.

5. air kencing berwarna lebih pekat dan gelap.

6. muncul nyeri di perut atau punggung bagian bawah.

Pencegahan yang anda dapat melakukan:

- jangan menahan buang air kecil karena menyebabkan rentan mengalami infeksi.

- gunakan bahan katun, hindari celana ketat.

- kurangi sabun, bedak, dan perfum di area kemaluan.

- biasakan untuk membersihkan area genital dari arah depan ke belakang setelah bung air kecil.

- perbanyak minum air putih.

Jika keluhan bertambah memberat, segera konsul ke dokter untuk mencari penyebab. Biasanya jika terdiagnosa infeksi saluran kencing, dokter akan memberikan antibiotik.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma vagina yang sehat bukanlah berbau harum dan segar seperti bunga

7 Bau Vagina dan Maknanya, Sudah Tahu Apa Saja?

Secara alami, bau vagina bisa terus berubah bahkan dalam hitungan jam. Namun jangan berharap aroma vagina seharum bunga seperti yang ditawarkan iklan pembersih kewanitaan.