06 Mar 2021, 00:54Kulit & Kelamin

Bagaimana Cara Menghilangkan Pedas Cabai Di Tangan?

SS
Info Penanya: SS0
jarintangan saya terasa panas padahal saya makan pedas sudah 4 jam yang lalu, itu kenapa ya dok saya sudah coba cuci tangan memakaikan handsanitizer dan juga menggunakan minyak zaitun tapi tidak hilang hilang
408 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang SSBuah cabai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk menciptakan rasa pedas pada makanan dan menjadi favorit di Indonesia. Selain memilki berbagai manfaatnya untuk kesehatan, rasa pedasnya dapat menambah cita rasa dan nafsu makan.

Rasa Pedas Karena Zat Capsaicin Dalam Cabai 

Rasa pedas ini ditimbulkan karena cabai mengandung zat capsaicin. Zat ini menghasilkan rasa pedas dengan merangsang dan mengikat reseptor nyeri sehingga menimbulkan rasa panas dan terbakar tetapi tidak berbahaya.Anda bisa merasakan sensasi panas dan terbakar di tangan setelah memegang atau mengulek cabai. Untuk menghindarinya bisa dengan menggunakan sarung tangan saat memasak menggunakan bahan cabai.

Cara Menghilangkan Pedas Cabai Di Tangan

Apabila tangan terlanjur terkena cabai, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pedas di tangan. Hal-hal tersebut adalah:
  • Mencuci tangan dengan sabun cuci piring 
  • Mengoleskan minyak makan atau minyak zaitun pada tangan, kemudian dicuci dengan sabun cuci piring hingga bersih
  • Merendam tangan ke dalam susu cair yang bisa melarutkan zat capsaicin
Sebelum pedas atau rasa panas di tangan menghilang, maka hindari menyentuh bagian mata atau alat kelamin. Dengan mencuci tangan secara rutin, rasa pedas pada tangan akan menghilang dengan sendirinya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
makanan sehatmakanan tidak sehatkepanasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil