Demam naik turun, batuk dan pilek pada anak

SS Info Penanya: SS, Pria, 30 Tahun
Dokter saya mau tanya anak saya 2 hari demam panasnya 38,9 setelah saya belikan obat di apotik alhamdulillah turun panasnya tapi besoknya anak saya batuk pilek 2 hari lagi disertai panas lg udah saya periksa kebidan panasnya turun tp setiap tengah mlm panasnya naik lagi,, ini ada apa ya dngn anak saya tolong jawabanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS.

Demam merupakan tanda adanya sesuatu yang tidak tepat di dalam tubuh. Demam sendiri berkisar diatas 38°C. Pada dasarnya demam juga merupakan respon alami ketika sistem imunitas tubuh tengah memerangi organisme penyebab infeksi yang dianggap dapat mengancam kestabilan berbagai organ tubuh. Umumnya organisme tersebut berupa virus dan bakteri. Namun masih terdapat beberapa faktor penyebab lainnya yang dapat memicu demam. 

Faktor-faktor pemicu demam yang umum terjadi diantaranya adalah :

  • infeksi virus atau bakteri
  • kelelahan
  • radang sendi
  • keganasan (kanker)
  • pengobatan tertentu seperti pbat antibiotik dan obat hipertensi
  • imunisasi untuk jenis penyakit tertentu

Keluhan demam naik turun yang dialami anak Anda mungkin disebabkan oleh penyakit saluran napas atas (batuk dan pilek) yang mungkin disebabkan oleh virus atau bakteri. Keluhan demam yang naik turun tersebut dapat terjadi karena imunitas atau daya tahan tubuh yang sedang menurun, hingga virus atau bakteri masih dapat berkembang dalam tubuh anak Anda.

Untuk saat ini Anda dapat melanjutkan terapi yang sedang dijalani dan menambahkan vitamin yang mengandung curcuma untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh anak Anda. Gunakan pula kompres air biasa untuk bagian dahi, leher dan ketiak anak.  

Jika demam tidak kunjung reda melebihi satu minggu lamanya, segeralah periksakan Anak Anda. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Roseola infantum, penyakit yang rentan menyerang balita

Roseola Infantum, Penyakit yang Rawan Diderita Anak Usia Empat Bulan hingga Empat Tahun

Gejala ruam dan demam tidak hanya dialami oleh penderita cacar air ataupun campak, tetapi juga dialami oleh penderita roseola infantum. Penyakit roseola infantum umumnya menyerang anak-anak dan diawali dengan demam yang kemudian memunculkan ruam-ruam berwarna merah muda pada kulit anak.