Demam terutama saat beraktivitas, apa harus istirahat total ?

DN Info Penanya: DN
dok, saya usia 35 tahun panas awalnya demam dan pegel...sy sudah minum paracetamol dan panas berkurang kadang normal...tetapi kalau saya kerja agak berat sdikit sperti masak kok yaa meriang lagi yaa dok....apa memang saya benar2 butuh istirahat? karena saya tdk mual tdk pusing sama sekali saat ini.. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DN.

Demam ialah kadaan suhu tubuh yang melebihi 38°C dan menadakan adanya hal yang tidak tepat di dalam tubuh. Saat demam, umumnya imunitas tubuh sedang bekerja memerangi infeksi. Pada keadaan yang tidak serius, demam dapat menghilang dalam beberapa hari.

Penyebab demam diantaranya adalah :

  • infeksi virus, bakteri
  • kelelahan
  • radang 
  • keganasan
  • pengobatan tertentu
  • vaksin atau imunisasi

Terkait dengan pertanyaan Anda, demam yang Anda alami mungkin terjadi karena daya tahan tubuh dan imunitas Anda sedang menurun. Ataukah sedang terjadi infeksi mikroorganisme tertentu atau karena kelelahan. Ada baiknya untuk beberapa hari Anda istirahat total dulu jika demam dirasakan membaik saat beristirahat. Anda juga butuh untuk memperhatikan tanda dan gejala lainnya yang mungkin muncul selanjutnya.

Semantara Anda dapat melanjutkan konsumsi obat pereda demam yang dijual bebas di apotek tersebut, dibantu dengan mengonsumsi vitamin C dan bahan alami, seperti air rebusan jahe.

Jika demam mencapai suhu yang tinggi selama lebih dari tiga hari hingga lima hari, dan muncul gejala lainnya seperti bintik-bintik merah, diare, sesak, dan gejala lainnya yang mengkhawatirkan, ada baiknya Anda memeriksakan segera ke dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab demam pada anak umumnya adalah saat tubuh mereka terinfeksi virus atau bakteri

7 Penyakit yang Kerap Jadi Penyebab Demam pada Anak

Penyebab demam pada anak bisa akibat virus atau bakteri. Selama anak masih terlihat nyaman, tak perlu buru-buru ke rumah sakit.