Panas dingin tidak menentu waktunya karena apa?

FN Info Penanya: FN
Malam dokter saya mau nanya kenapa badan saya panas terus dingin terus panas tapi kadang ga nentu waktunya itu karena apa ya terimaksih????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FN,

Panas dingin adalah gejala yang bisa timbul jika badan tidak fit, kondisi ini bisa juga menuju demam, jadi ada baiknya saat merasa panas dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Apabila didapatkan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius maka bisa merupakan demam. Dimana penyebabnya bisa beragam baik kebiasaan harian seperti kurang minum, makan tidak teratur, ataupun karena adanya infeksi.

Untuk mengatasi panas dingin bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat cukup
  • Perbaiki pola makan
  • Jangan terlalu lelah
  • Batasi paparan sinar matahari dalam waktu lama
  • Jika demam bisa konsumsi obat penurun demam seperti parasetamol

Jika keluhan hilang timbul atau panas dingin diwaktu tertentu misalnya hanya di sore hari ada baiknya dilakukan pemeriksaan. Jadi perlu nantinya dilakuakn pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan laboratorium sehingga tau apa penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ini dia nama obat demam yang bisa Anda beli secara bebas di apotek

Pilihan Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Ada beberapa jenis obat demam atau obat penurun panas yang bisa Anda beli secara bebas di apotek, seperti paracetamol, ibuprofen, naproxen, dan aspirin. Namun, tidak semua orang yang demam perlu mengonsumsi obat. Sebenarnya, syarat dan ketentuan yang perlu diikuti jika Anda mengalami kenaikan suhu tubuh.