Panas sejak 3 hari, mual dan menggigil apa penyebabnya?

NA Info Penanya: NA
Pagi dokterAnak sy sjk des diit herbalife.sjk corona gak pernah keluar rmh. Sdh sy ksh imbost jg. Kuliah online dr rmh. Sabtu kmrn keluar lupa gak pake masker panas mthri menyengat. Sampe rmh gak enak badan panas pusing dibelakang kepala+menggigil+mual muntah sekali. Sblmnya kyk kena herpes dilengan+samping pipi. sdh kering sy ksh salep. Tp sampe td mlm trnyta panasnya 39.5.dlm 3hr kmrn sy ksh demacolin. Panas turun panas gitu trs. Apa pengaruh radiasi laptop byk tugas trs/gr² dietnya.. Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NA,

Demam adalah merupakan tanda tubuh sedang melakukan perlawanan jika ada infeksi ataupun bahaya lain pada tubuh. Selain itu demam juga bisa timbul karena paparan matahari lama dan dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dalam kasus yang dialami anak Anda, bisa disebabkan karena penurunan daya tahan tubuh salah satunya karena diet atau pola makan yang tidak baik sehingga bisa memicu gangguan pencernaan seperti maag

Untuk demamnya sendiri bisa bersamaan dengan gangguan pencernannya dimana bisa disebabkan oleh beragam hal baik infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan akibat bakteri, virus atau lainnya.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal seperti:

  • Periksakan jika demam lebih dari 39 derajat dan lebih dari 3 hari
  • Lakukan karantina mandiri di rumah jika sudah diperiksakan selama 14 hari
  • Perbanyak minum air putih
  • Minum obat seperti antasida sebelum makan
  • Minum parasetamol setelah makan jika demam.

Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata , mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. Jika batuk gunakan masker dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pelajari cara menurunkan demam pada anak, untuk mengobati demam dengan gejala berbeda

Tidak Perlu Panik, Berikut Ini Cara Menurunkan Panas Anak

Demam pada anak membuat Anda panik dan bingung bagaimana mengobatinya. Pelajari gejalanya dan cara menurunkan panas anak. Penanganannya juga berbeda, tergantung pada usia anak dan penyebab demamnya.