06 Jan 2020, 16:41Penyakit Lainnya

Apa penyebab panas dalam dan sesak di dada kiri?

RA
Info Penanya: RA, Wanita, 2020 Tahun
Dok mau tanya bdan saya panas di dalam, lalu beberapa hari yg lalu sampai skrng sya merasa agak sesak di dada kiri, dan sering deg2an kadang2 pdhl sya tdk sdg berorah raga, itu kra2 knp dan bagaimana mengatasinya.. trmks
51479 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi RA,Sesak di dada kiri adalah keluhan yang bisa timbul akibat beragam hal baik dari gangguan pencernaan seperti asam lambung yang meningkat, gangguan paru, gangguan jantung, gangguan otot ataupun penyebab lainnya. Keluhan panas dalam yang dirasakan sendiri bisa disebut dengan heart burn atau sensasi seperti terbakar, kondisi ini sering kali dirasakan apabila seseorang memiliki penyakit asam lambung. 

Pemicu asam lambung bisa beragam mulai dari pola makan yang kurang baik.

Makanan yang memicu iritasi dan peningkatan asam lambung adalah seperti makanan pedas, asam, berminyak dan juga minuman yang mengandung kafein dan bersoda. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pola makan dengan tidak melewatkan waktu makan, makan lebih sering, dan juga menghindari makanan dan minuman pemicunya untuk bisa menurunkan asam lambung.Anda juga bisa mengonsumsi antasida sebelum makan kurang lebih 15 - 30 menit. Jika keluhan tetap sering kali timbul maka ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk dipastikan apa yang menjadi penyebabnya nantinya juga akan diberikan penanganan lebih lanjut. Penting juga untuk bisa cukup beristirahat dan mengelola stres dengan baik karena kondisi psikis juga bisa berpengaruh menimbulkan gejala. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambunggerdsesak napasnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil