Demam naik turun disertai nyeri tenggorokan, karena apa ?

BI Info Penanya: BI, Pria, 19 Tahun
Halo saya pada hari kamis sore panas hingga 40 derajat dan tenggorakan dibuat menelan sakit dan perut agak sakit, saya udah minum obat ibuprofen serta dan panas nya turun malamnya panas nya kembali lagi besoknya masih panas, saya sudah minum obat maag dan sakit perut nya udah sembuh, tapi panas nya blm turun, tadi pagi panasnya sudah turun tapi tenggorokan masih sakit dan sertai bintik merah di tangan tapi ngga banyak, sampe sekarang suhu badan masih normal tapi tenggorokan masih sakit kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, BI.

Demam adalah keadaan suhu tubuh yang melebihi 38°C. Keadaan tersebut menandakan adanya hal yang tidak tepat sedang terjadi pada tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh berfungsi dalam melawan infeksi. Pada keadaan ringan demam dapat menghilang dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun pada keadaan yang lebih serius, demam dapat bertahan dan membutuhkan penangan untuk kondisi medis yang mendasarinya.

Berikut beberapa kondisi medis yang dapat memicu demam, diantaranya adalah :

  • infeksi virus
  • infeksi bakteri
  • kelelahan
  • radang pada bagian tubuh tertentu salah satunya sendi
  • keganasan
  • pengobatan tertentu
  • vaksin atau imunisasi tertentu

Mengenai keluhan demam Anda yang naik turun dan disertai nyeri tenggorokan mungkin disebabkan oleh radang tenggorokan dengan pemicu infeksi, baik berupa virus atau bakteri. Selain itu keluhan bintik-bintik merah juga dapat disebabkan oleh infeksi virus seperti campak

Untuk sementara keluhan nyeri tenggorokan dapat diatasi dengan konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek bergolongan asetaminofen. Dapat pula dibantu dengan cara alami berupa air rebusan jahe, perasan lemon dan sedikit madu murni. Anda juga dapat mengonsumsi vitamn C untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Jika demam muncul kembali, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.