pakah bagian dalam payudara memiliki bagian yang keras?

H Info Penanya: H, Wanita, 18 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Apakah bagian dalam payudara memiliki bagian yang keras? Payudara saya kanan dan kiri saya terasa seperti itu dari dulu. Apa itu baik-baik saja? Apa itu normal? Saya tanya sama teman saya apa payudara dia seperti itu? Katanya tidak ada, lembut semua.Jadi itu apa dok?Mohon jawabannya dok, terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H

Payudara harusnya mimiliki konsistensi lembut dan tidak keras, biasanya bagian puting dapat menjadi keras jika mendapat rangsangan seksual atau sedang menstruasi. Pada payudara bagian dalam jika terdapat bagian yang keras bisa disebabkan beberapa hal seperti pada tumor jinak payudara/ FAM, kanker payudara, abses atau timbunan nanah, sumbatan duktus saluran air susu dan infeksi. 

FAM biasanya membuat payudara keras karena konsistensinya lebih padat dan ukuran menetap yang membesar lama, sedangkan kanker payudara biasanya membuat benjolan keras nyeri disertai pembengkakan dan ukuran yang semakin membesar. Pada abses atau timbunan nanah payudara dapat disebabkan infeksi, paling sering pada ibu menyusui dengan sumbatan duktus saluran yang terinfeksi. 

Saya sarankan anda jangan menekan payudara dengan keras, kompress dengan air hangat, anda juga harus memeriksakan payudara anda ke dokter bedah Sp.B untuk menentukan penyebab payudara keras. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang bisa menjadi tanda adanya penyakit

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang adalah karena perubahan hormon, kista, mastitis, hingga masalah kesehatan lainnya seperti iritasi atau ukuran payudara.