Paha tersiram air mendidih dan sekarang meninggalkan bekas, bagaimana cara mengatasinya?

CV Info Penanya: CV, Wanita, 16 Tahun
Dok, saya mau nanyaKemarin saya sempat kesiram air panas yang masih mendidih di paha saya dan sekarang sudah sembuh tapi masih ada bekasnyaCara alami menghilangkan bekas luka nya bagaimana sih dok? Terus kalo pakai saleb yang dijual di apotek pakai saleb apa yang bagus dan dapat menghilangkan bekas lukanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CV

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menghilangkan bekas luka bakar tergantung dari berat ringannya luka bakar tersebut dan seberapa dalam bagian kulit yang rusak. Beberapa salep yang dijual bebas kemungkinan hanya bisa mengatasi luka bakar ringan dan sulit menghilangkan jaringan parut akibat luka bakar tersebut.

Luka bakar dibedakan dari 3 tingkatan. Tingkat pertama tidak sampai merusak jaringan kulit dibawah lapisan epidermis. Tampilannya kemerahan dan sedikit bengkak. Tingkat kedua terasa lebih nyeri, kemerahan dan kulit sampai dengan melepuh. Tingkat ketiga, sudah merusak semua lapisan kulit sampai dengan saraf dan pembuluh darah. Luka bakar akan tampak putih, kasar dan tidak terasa nyeri.

Bila sampai meninggalkan bekas kemungkinan besar luka bakar Anda cukup dalam dan memerlukan perawatan yang komprehensif. Saran saya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk menganalisa bekas luka bakarnya dan menentukan langkah selanjutnya. Berikut artikel mengenai langkah menghilangkan bekas luka bakar untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ingin tampil cantik dan glowing ketika Hari Raya? Lakukan tips cantik saat Lebaran berikut ini

5 Tips Cantik Saat Lebaran Hanya dengan Nol Rupiah

Semua perempuan pasti ingin tampil segar dan bugar di hari raya. Wujudkan dengan tips cantik saat Lebaran yang bisa kamu lakukan tanpa harus keluar uang.