Benjolan di kepala dan leher serta pada testis, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 15 Tahun
dok saya ada benjolan di kepala dan leher termasuk ada biji sebesar kacang hijau di kemaluan bahagian testis yang keras.Benjolan di kepala pula bertekstur keras tak nyeri apabila ditekan dan ada sedikit sahaja nyeri tanpa disentuh MOHON PENJELASAN DOK
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ME.

Benjolan di kepala dan leher merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor pemicu dan kondisi medis. Beberapa faktor tersebut umumnya berhubugan dengan tumor jinak, infeksi hingga keganasan.

Berikut beberapa faktor dan kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan benjolan pada kepala dan leher Anda mungkin terjadi karena salah satu penyebab diatas. Karena pada Anda juga disertai benjolan pada testis, dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening yang dipicu oleh infeksi bakteri ataupun infeksi virus yang menimbulkan kondisi medis orkitis. Pada keadan tersebut dapat timbul benjolan baik pada kepala, leher maupun testis yang bersamaan karena adanya infeksi bakteri atau virus yang kemudian memicu pembengkakan kelenjar getah bening yang daerah penyebarannya hampir di seluruh tubuh.

Untuk memastikan faktor penyebab atau kondisi medis yang mendasari keadaan yang Anda alami, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung. Jika benar berupa infeksi maka dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kemungkinan organisme penyebab infeksinya.

Semetara ini Anda dapat memantau keadaan benjolan, apabila membesar dengan cepat disertai keluhan lainnya seperti demam, segeralah memeriksakan diri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.