Pada umur berapakah bayi dapat merespon panggilan orang tua ?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 24 Tahun
dok umur berapa bayi biasanya bisa merespon panggilan orang tua?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NP.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Bayi dapat melakukan berbagai macam hal secara normal telah dirangkum oleh para ahli melalui penelitian, dan dijadikan rujukan nasional. Hal ini disebut dengan tumbuh kembang yang berarti perubahan fisik nyata yang dapat diukur dan peningkatan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh pertumbuhan dan berbagai faktor lainnya.

Mengenai tahapan perkembangan yang berkaitan dengan respon anak terhadap panggilan atau suara, umumnya sudah mulai terjadi di bulan kedua bayi, dimana bayi sudah mulai dapat mengikuti gerakan dan suara Anda dengan perlahan. Bayi juga sudah dapat memperlihatkan senyuman sebagai bentuk respons terhadap orangtua. Anda dapat melatih perkembangan tersebut dengan bernyanyi, menjulurkan lidah, senyum lebar, sehingga bayi dapat meniru Anda.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai perkembangan bayi pada tahun pertamanya dan cara membantu perkembangan bayi sebagai informasi tambahan.

Jika Anda belum yakin, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter Spesialis Anak mengenai tumbuh kembang bayi dan anak.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak rentan untuk terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut

Tahun Ajaran Baru, Ini Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat di Sekolah

Libur yang sebentar lagi selesai, menandakan tahun ajaran baru untuk anak. Saat di sekolah, anak rentan tertular penyakit dari murid lain. Untuk memastikannya tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, terutama saat anak berada di sekolah.