Pada saat motor jatuh pada bagian vagina terasa seperti ada yang bergerak

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya,,,pas saat montor saya jatuh saya reflek mengangkat trus bagian vagina kayak ada yg bergerak kayak kecepit itu kenapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Saat kita melakukan gerakan otak akan mengirimkan sinyal pada otot untuk berkontraksi dan berelaksasi sehingga jaringan penghubung otot dan tulang dapat meniimbulkan gerakan. Pada saat gerakan yang tiba-tiba atau berlebihan dapat terjadi regangan atau kontraksi otot yang tiba-tiba, hal ini dapat menimbulkan rasa seperti adanya pergerakan, rasa nyeri otot ataupun juga menimbulkan spasme atau kekakuan otot.

Untuk itu pada saat Anda mengangkat motor dapat mungkin adanya kontraksi otot di area sekitar vagina secara tiba-tiba sehingga menimbulkan perasaan yang dialami. Tetapi perlu diperhatikan apabila ternyata ada keluhan lain seperti timbul benjolan di perut, sela paha atau di dalam vagina hal ini dapat dipicu oleh penyebab lain seperti hernia atau prolaps uteri akibat tekanan besar yang memicu organ menembus jaringan otot yang lemah. Jika timbul keluhan demikian ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan evaluasi dan mencari tahu penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram dan kejang otot pada saat tertidur biasa dialami oleh sebagian orang di area betis hingga telapak kaki

Kerap Kejang Otot Saat Tidur? Tenang, Anda Tak Sendiri

Kejang otot saat tidur sering terjadi pada orang dewasa dan hanya berlangsung sebentar. Salah satu penyebabnya adalah otot yang terlalu tegang. Kejang otot dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan stretching.