Pada Kulit Tangan Tiba-Tiba Muncul Bintik Cokelat

NH Info Penanya: NH, Wanita, 33 Tahun
Hi Dokter,Mohon solusinya. Pada kulit tangan saya tiba–tiba muncul bintik kecoklatan. Awalnya kemerahan kemudian menghitam dan sekarang jadi berwarna coklat.Bintik itu hanya di kulit tangan dan lebih banyak di kanan, keluhan ini sudah hampir satu bulan berjalan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara pengobatannya? Mohon solusi dan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hai Ibu NH,

Selamat pagi

Bintik kecoklatan pada kulit tangan seperti keluhan Ibu, dikenal dengan nama Lentigo solaris yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari, pada daerah yang tidak diberikan tabir surya atau tidak tertutup pakaian, payung dan topi. Keluhan ini akan muncul pada kulit wajah dan daerah kulit tangan.

Untuk mengatasinya, coba oleskan krim pencerah kulit yang banyak dijual di pasaran, antara lain mengandung vitamin C, masker bengkoang, AHA (asam alfa hidroksi) konsentrasi rendah, licorice, langsat, dan sebagainya.

Pakai krim  atau lotion ini, secara rutin dan terus menerus. Ada krim yang dipakai untuk pagi dan malam hari. Dan kesembuhan akan berangsur-angsur terjadi.

Setelah itu untuk pencegahan bila berada di luar ruangan maka sebaiknya menggunakan tabir surya, pakaian lengan panjang, topi dan payung.

Bila diperlukan, Ibu dapat mengunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK) untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang putih termasuk bahan alami yang diduga bisa mengatasi kurap.

6 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Kulit Kurap

Penyakit kulit kurap biasanya disembuhkan dengan salep, losion, atau bedak. Selain itu, bahan alami untuk penyakit kulit kurap dapat menggunakan lidah buaya, cuka apel, hingga bawang putih.