Pada awal kehamialn, apakah boleh berhubungan intim?

S Info Penanya: S, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya ingin bertanya. Untuk awal kehamilan, apakah boleh berhubungan intim? Dan apakah boleh dikeluarkan di dalam? Trus untuk pelumas penis apa yg aman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ibu hamil boleh-boleh saja berhubungan intim saat hamil muda. Dengan syarat, apakah ada riwayat keguguran sebelumnya? Apakah pernah keluar perdarahan atau flek sebelumnya, pada kehamilan yang sekarang atau kehamilan sebelumnya. Bila iya, dokter biasanya menganjurkan Anda untuk melewati trimester pertama, setelah 14 minggu baru diperbolehkan untuk berhubungan intim.

Janin Anda saat ini dilindungi oleh kantung yang berisi air ketuban dan terdapat didalam rahim dengan otot-otot yang kuat. Otot yang kuat yang menghasilkan nyeri dan kram saat menstruasi, namun sekarang menjadi pelindung janin Anda. Apakah boleh dikeluarkan di dalam, boleh saja karena mulut rahim (serviks) sudah ditutup oleh lendir yang pekat untuk mencegah infeksi masuk. Kemudian Anda juga boleh sampai orgasme karena tidak memicu kontraksi. Biasanya bayi akan bergerak-gerak saat orgasme karena reaksi dari suara detak jantung Anda yang meningkat. Kemudian untuk pelumas, kebanyakan yang dijual bebas aman karena penggunaannya memang untuk di dalam vagina. 

Berikut artikel mengenai mitos dalam kehamilan yang bisa Anda baca. Namun bisa masih ragu saat kontrol kehamilan dengan Dokter Kandungan Anda, bisa ditanyakan langsung agar mendapat keterangan yang lebih lengkap. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Muntah darah dapat disebabkan karena GERD, dehidrasi, atau makan yang berlebihan

Muntah Darah Saat Hamil? Simak Penyebab dan Bahayanya

Muntah darah saat hamil adalah hal yang tidak wajar. Kondisi ini dapat disebabkan karena peradangan di kerongkongan, GERD, dehidrasi, atau makan yang berlebihan.